Pemkab Serang Anggarkan Insentif Guru Hingga Rp. 50 Miliar

Date:

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah ketika selfie bersama sejumlah guru. Tahun ini Pemkab Serang menganggarkan puluhan Miliar untuk insentif guru. (Istimewa).

Serang- Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang mengaku telah menyiapkan anggaran untuk insentif seluruh guru yang ada dilingkungan pemerintah daerah. Hasil hitungan daerah yang dikomandoi Ratu Tatu Chasanah ini menyiapkan anggaran hingga Rp. 50 Miliar.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengaku berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan para guru hingga ke tingkat honorer. Bahkan saat ini, guru dari berbagai kategori di Kabupaten Serang sudah mendapat insentif dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

“Kesejahteraan guru harus terus kita perjuangan, terutama guru honorer,”kata Tatu dalam keterangan tertulis yang diterima BantenHits, Senin, 4 Maret 2019.

Tatu membeberkan anggaran yang diperkirakan mencapai Rp. 50 miliar tersebut dibagi kedalam beberapa kategori mulai dari insentif untuk 2.821 guru PAUD dengan total anggaran Rp 5,07 miliar, insentif dua guru TKK dengan total anggaran Rp 57,6 juta, insentif 5 GBS dengan total anggaran Rp 96 juta, insentif 152 K-2 non guru dengan total anggaran Rp 820,8 juta, insentif 691 K-2 guru SD dengan total anggaran Rp 5,8 miliar, dan 121 K-2 guru SMP dengan total anggaran Rp 1,01 miliar.

Kemudian insentif 705 operator SD dengan total anggaran Rp 2,53 miliar, insentif 92 operator SMP dengan total anggaran Rp 331,2 juta, dan insentif 2.517 guru SD dan SMP non K-2 dengan total anggaran Rp 12,08 miliar.

Tidak hanya itu, untuk guru keagamaan, ada insentif untuk 8.629 guru ngaji dengan total anggaran Rp 8,62 miliar, insentif 1.165 guru TPQ dengan total anggaran Rp1,16 miliar, dan insentif 6.190 guru MDA dengan total anggaran Rp 9,68 miliar.

“Semua kategori dapat insentif,”ucapnya.

Menurut Tatu, perhatian Pemkab Serang terhadap para guru memang belum maksimal. Apalagi, anggaran Pemkab Serang paling besar untuk pembangunan infrastruktur jalan.

 “Jalan sepanjang 601,3 kilometer kami targetkan dibeton, dengan anggaran per tahun Rp 300 miliar. Selanjutnya bertahap kami akan bantu pemerintah desan dengan total 1.000 kilometer jalan desa,”ujarnya.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Inspektorat Pemkab Serang Gabungkan ISO Sistem Manajemen Mutu dengan Manajemen Anti Penyuapan

Jika pembangunan infrastruktur tuntas, maka anggaran selanjutnya bisa teralokasi untuk program pendidikan, salah satunya kesejahteraan guru. 

“Ratusan ruang kelas juga kami perbaiki setiap tahun. Intinya untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia, program pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur akan terus kami prioritaskan,”ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...