Connect with us

METROPOLITAN

Desa Percontohan di Lebak Mulai Dibina untuk Peningkatan Pariwisata

Published

on

Kepala DPMD Lebak ketika melakukan pembinaan terhadap desa percontohan di desa Sawarna Kecamatam Bayah dan desa Senanghati Kecamatan Malingping. (Istimewa).

Lebak- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa atau DPMD Kabupaten Lebak mulai melakukan pembinaan terhadap desa-desa yang menjadi desa percontohan untuk meningkatkan Pariwisata. Desa Sawarna, Kecamatan Bayah dan desa Senanghati, Kecamatan Malingping menjadi dua desa pertama yang dilakukan pembinaan.

Baca Juga: Bupati Iti Serius Wujudkan Lebak sebagai Destinasi Wisata Unggulan Nasional Berbasis Potensi Lokal

Kepala DPMD Kabupaten Lebak mengatakan pembinaan sendiri dilakukan setelah Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya memiliki visi menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan berbasis potensi lokal.

“Untuk mewujudkan visi tersebut tentu bukan hal mudah sehingga perlu dilakukan pembinaan terhadap beberapa desa yang memiliki potensi wisata,”kata Kepala DPMD Lebak, Rusito kepada BantenHits, Rabu, 6 Maret 2019.

Pembinaan sendiri, Menurut Rusito berupa mereview ulang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) untuk disesuaikan dengan visi pemerintah daerah, agar desa dengan lokasi wisata juga mempunyai visi wisata.

“Kita ingin desa percontohan atau desa yang memiliki potensi wisata itu dimaksimalkan pengelolaannya sehingga bisa terkelola dan menjadu destinasi wisata favorit pengunjung,”tuturnya.

Selain itu, Rusito menegaskan untuk mewujudkan desa Sawarna dan Senanghati sebagai desa wisata unggulan perlu dukungan dari semua pihak baik lembaga ataupun komponen lainnya agar mau bergerak bersama-sama dengan pemerintah desa.

“Perlu keterlibatan semua pihak untuk bisa mewujudkannya, kami berharap seluruh lembaga/komponen lainnya mau bergerak bersama-masa dengan pemerintah desa,”tegasnya.

Sementara Kepala Bidang Pemerintah Desa DPMD Lebak, Firman Arif Hidayat menambahkan pembinaan ini dilakukan untuk menggugah dan menyadarkan pemerintah desa agar kedepan merencanakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di bidang pariwisata dan pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Kita berharap pembinaan ini bisa dimengerti oleh pemerintah desa, masyarakat, lembaga dan komponen lainnya. Semuanya harus bersama-sama bergerak untuk mewujudkan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan berbasis potensi lokal,”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending