Connect with us

Advertorial

Pemkot Tangerang Uji Coba Aplikasi siWarga Versi Beta

Published

on

Wali Kota Tangerang ketika memperkenalkan Aplikasi siWarga kepada seluruh Camat di Kota Tangerang. (Istimewa).

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang melakukan uji coba terhadap aplikasi siWarga yang dilaunching Arief R Wismansyah saat HUT Kota Tangerang, 26 Februari 2019. Uji coba dilakukan dalam versi beta selama 6 bulan kedepan untuk dievaluasi dan ditingkatkan kualitasnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan aplikasi ini sengaja dirancang pemerintah kota Tangerang untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan administrasi kepada masyarakat.

“Aplikasi siWarga ini adalah aplikasi yang Pemkot Tangerang luncurkan agar masyarakat lebih mudah lagi mengakses layanan diera digital ini,”kata Arief.

Arief menilai melalui aplikasi si warga memungkinkan masyarakat untuk dapat mengisi data sosial masing – masing untuk kemudian dipergunakan untuk mengurus persyaratan kependudukan seperti misalnya surat pengantar.

“Mekanismenya tetap harus ke RT, RW, dan kelurahan namun dilakukan secara digital, jadi lebih mudah dan hemat waktu kan,”ujarnya.

Konten yang disediakan aplikasi siWarga juga memungkinkan masyarakat untuk memantau perkembangan berkas yang diajukannya. Namun, Arief menegaskan aplikasi ini bukanlah akses untuk memangkas proses, sehingga segala sesuatunya serba cepat, karena prosedur tetap dilewati, karena nantinya tanda tangan pejabat berwenangnyapun secara digital setelah diferivikasi.

“Untuk cek keabsahan surat yang telah dikeluarkan oleh Lurah ataupun Camat, aplikasi ini dilengkapi dengan QR Code,”bebernya.

Untuk diketahui, aplikasi siWarga bertujuan untuk mempercepat pelayanan administrasi kependudukan dengan berbasis teknologi informasi.

Adapun total aplikasi yang dimiliki Pemkot Tangerang saat ini adalah sebanyak 174 aplikasi dengan rincian 111 aplikasi layanan publik dan 63 aplikasi manajemen pemerintahan. Seluruh aplikasi yang sudah dibuat, telah terintegrasi dalam satu basis data yang berada di Tangerang LIVE Room. (ADVERTORIAL)

Trending