Targetkan 4.000 Massa tapi Hanya Puluhan Orang yang Hadir, Tabligh Akbar Ma’ruf Amin Bubar sebelum Digelar

Date:

JOKOWI HADIRI DEKLARASI DUKUNGAN KELUARGA CHASAN SOCHIB
Joko Widodo alias Jokowi dan Ma’ruf Amin seusai menghadiri deklarasi dukungan dari keluarga besar Chasan Sochib. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Deliserdang – Tabligh Akbar bersama calon wakil presiden Prof. Dr. KH Ma’ruf Amin yang digelar Gerakan Nasionalis Religius (Genius) di Lapangan Berdikari, Desa Bangun Sari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Sabtu, 9 Maret 2019, bubar sebelum acara resmi digelar.

Dikutip dari Tribun Medan, warga yang menghadiri acara sejak pukul 09.00 hingga pukul 11.30 waktu setempat, hanya dihadiri puluhan warga sekitar. Padahal panitia menargetkan acara dihadiri 4.000 massa.

BACA JUGA: Terungkap! Ma’ruf Amin Tak Pernah Minta Maaf, Keluarga Lansia Sakit yang Ditandu Bambu Ikhlas

Ma’ruf rencananya akan hadiri di lokasi pukul 09.30. Namun hingga warga bubar, tak ada tanda Ma’ruf hadir di lokasi.

Sekira pukul 09.00 WIB panitia pun masih beres-beres di sekitar lokasi. Soundsystem masih disiapkan termasuk juga persiapan panggung.

Dewan Pembina Genius, H T Erry Nuradi juga sempat turun melakukan pemantauan di lokasi. Sekitar pukul 09.00 ia pun meninggalkan lokasi.

Ketua Umum DPP Genius Bobby S Hendrawan yang langsung datang dari Jawa ini sempat terlihat mondar- mandir di lokasi saat dikonfirmasi Tribun Medan.

“Sebenarnya panggungnya mau dipasang siang kemarin tapi cuaca panas kali, karena tidak tahan dengan cuaca panas makanya kerjai (panggungnya) malam pukul 20.00,” kata Bobby.

“Kalau target sekitar 4 ribu masa yang harusnya hadir. Ibu-ibu pengajian sajanya yang mau datang,” tambah Bobby.

BACA JUGA: Ma’ruf Amin Akui Santri di Banten Bersikap Pasif terkait Pencalonannya

Ia menegaskan Tablig Akbar ini dilaksanakan tidak ada kaitannya dengan Pemilu. Kegiatan ini hanya disebut sebagai kegiatan untuk berdoa saja.

“Rencananya pak Ma’ruf di sini dari pukul 09.30 hingga pukul 12.00 saja. Baru di daerah lain. Kegiatan berdoa tetap (dilakukan), walaupun misalnya pak Ma’ruf tidak jadi datang,” kata Bobby.

“Dari bandara (Kualanamu) pak Ma’ruf sampai pukul 09.00 dan langsung singgah ke hotel (wings) yang dekat bandara,” lanjutnya.

Hingga pukul 10.00 WIB baru sekitar puluhan ibu-ibu yang datang ke lokasi acara.

Beberapa dari ibu-ibu pengajian pun sempat naik ke atas panggung dan menyanyikan lagu-lagu kasidah sekaligus diiringi alat musik yang mereka bawa.

Pada saat itu suara soundsystem juga terdengar sudah bagus.

Pada pukul 11.30 WIB, Ketua Umum DPP Genius, Bobby S Hendrawan pun akhirnya memberikan keterangan resmi kepada wartawan.

Saat diwawancarai itu ia membenarkan bahwasanya Ma’ruf Amin pun tidak bisa hadir di tempat ini.

Namun demikian ia tidak sependapat kalau kegiatan Tabliq Akbar ini dibilang batal.

“Kalau kegiatan doanya tetap kita lakukan enggak batal tapi memang bapak Ma’ruf Amin tidak bisa hadir ke sini. Kita juga tidak dapat memastikan mengapa tidak bisa hadir,” kata Bobby.

Ia juga tidak sependapat juga kalau batalnya Ma’ruf Amin datang ke lokasi lantaran jumlah massa yang hanya puluhan orang saja.

Dirinya tidak dapat berkomentar banyak mengapa massa hanya puluhan orang saja.

“Kalau itu tanya sama panitia lokal sajalah. Sayakan dari Jakarta,” katanya.

Karena tidak ada kejelasan akan ada tanda-tanda akan digelarnya kegiatan Tablig Akbar selanjutnya sekira pukul 11.30 WIB puluhan ibu-ibu pengajian dan perwiridan yang sudah datang ke lokasi pun meninggalkan lokasi acara.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...