Connect with us

Pemilu

Beredar Foto Warga Kompak Salam Dua Jari di Acara MRSF Polres Serang Kota, Dirlantas Polda Banten: Hoaks

Published

on

Tangkap Layar Postingan Abu Akmal Al-Fatih yang menampilkan puluhan penonton kompak mengacungkan salam dua jari pada acara MRSF. (Istimewa).

Serang- Sebuah foto kegiatan Millenial Road Safety Festival atau MRSF yang diselenggarakan Satlantas Polres Serang Kota, di alun-alun barat Kota Serang, Provinsi Banten beredar di media sosial Facebook, 11 Maret 2019. Foto yang diunggah akun Abu Akmal Al-Fatih ini menampilkan potret tangan-tangan penonton yang mengacungkan ibu jari dan telunjuknya secara bersamaan alias salam dua jari.

Diketahui, salam dua jari merupakan simbol yang identik dengan pasangan calon nomor urut 02 untuk berkampanye menarik perhatian masyarakat pada Pemilu 2019.

Tak ayal, Foto yang berhasil menarik perhatian netijen itu pun telah 29 kali dibagikan dan komentari oleh puluhan akun Facebook.

Menanggapi hal tersebut Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Wibowo bersuara, Ia menegaskan bahwa gambar yang menampilkan warga kompak salam dua jari pada acara MRSF itu hoaks.

“Kegiatan itu merupakan bentuk sosialisasi keselamatan berkendara, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang didominasi oleh kalangan milenial,”kata Wibowo kepada awak media, Rabu 13 Maret 2019.

Wibowo menegaskan kegiatan MRSF di seluruh wilayah Polda Banten tidak ada kaitannya dengan politik, baik Pileg maupun Pilpres. Program itu murni dilaksanakan untuk mengkampanyekan dan mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas khususnya kepada generasi Milenial dan masyarakat pada umumnya.

“Saya sudah liat foto yang tersebar di medsos itu dan saya menduga itu foto hasil rekayasa. Apalagi panggung kegiatan yang digelar Polres Serang Kota pada acara MRSF tidak sama dengan foto tersebut,”ungkapnya.

Baca Juga: Polres Pandeglang Klaim Milenial Road Safety Festival Ampuh Tekan Angka Kecelakaan

Menurut Wibowo, kegiatan MRSF itu ditargetkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan generasi milenial. Data korban kecelakaan lalu lintas dari tahun 2017-2018, didominasi dari kalangan milenial. Sehingga kegiatan itu perlu terus disosialisasikan.

“Terkait dengan beredarnya foto itu, saya akan berkoordinasi dengan Polres Serang Kota dan Direktorat Kriminal Khusus, untuk menindaklanjutinya,” paparnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending