Connect with us

METROPOLITAN

Tokoh Masyarakat Adat Baduy Luar Tutup Usia

Published

on

Tokoh masyarakat adat baduy luar Jaro Dainah (tengah) dikabarkan tutup usia akibat penyakit yang dideritanya.(FOTO: Dok.Banten Hits)

Lebak- Tokoh masyarakat adat Baduy luar, Dainah dikabarkan telah tutup usia di kediamannya Kampung Kaduketug, desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Sabtu, 23 Maret 2019.

Informasi diperoleh, tokoh yang akrab disapa Jaro Dainah ini meninggal dunia pukul 15.30 WIB, penyebabnya akibat penyakit yang dideritanya sejak 6 bulan silam.

“Ya, betul meninggal tadi sore,”kata Kepala Bidang Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lebak, Firman Arif Hidayat ketika dihubungi BantenHits.

Menurutnya, Dainah yang telah menjabat sebagai kepala desa selama 18 tahun ini telah dikebumikan di TPU setempat pada pukul 17.00 WIB. 

“Ya beliau sudah menjabat sebagai kepala desa sekitar 18 tahun,”katanya.

Baca Juga: Jaro Dainah Sampaikan Pengunduran Diri Sebagai Jaro Pamarentah ke Bupati Lebak

Sebelumnya, Kepala Desa Kanekes atau biasa warga Baduy menyebutnya sebagai Jaro Pamarentah, Jaro Dainah secara resmi menyatakan mengundurkan diri.

“Secara resmi saya sampaikan, bahwa Jaro Pamarentah kini dijabat oleh Jaro Saija,” kata Jaro Dainah kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya beserta jajarannya saat ritual Seba Baduy, Jumat, 24 April 2015.

Dengan mundurnya Dainah saat itu jabatan Kepala desa atau Jaro Pamarentah jatuh ke tangan Jaro Saija yang hingga saat ini masih menjabat.

Editor: Fariz Abdullah

Trending