Pastikan Kesiapan Pemilu, KPU RI Tinjau Gudang Logistik di KPU Serang

Date:

Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi ketika memberikan keterangan pers usai meninjau gudang logistik KPU Kota Serang. (Mahyadi/BantenHits).

Serang- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia atau KPU RI meninjau kesiapan logistik dan tahapan pemilu di Kota Serang, Selasa, 26 Maret 2019. Peninjauan dilakukan langsung Pramono Ubaid Tanthowi salah satu Komisioner KPU RI ke gudang logistik.

“Tidak hanya ke Kota Serang, sekaligus saja 8 kabupaten/kota di Banten kita kunjungi untuk memeriksa kesiapan logistik dan tahapan lainnya menjelang pemilu,”kata Pramono.

Pramono memastikan mengenai tekhnis penyortiran, pelipatan hingga penghitungan surat suara akan dilaksanakan dengan cermat dan sesuai dengan aturan yang ada. Tujuannya, sambung Pramono agar tidak lagi ditemukan surat suara yang rusak, atau tertukar saat di TPS.

“Sehingga surat suara yang ada, kerusakan seperti warnanya buram lalu ada coretan atau terlibat, atau sobek, atau tertukar, jangan sampai masuk ke TPS,”tegasnya.

Ia juga meminta KPU Serang untuk segera melaporkan mengenai kondisi surat suara yang rusak agar dilakukan pergantian.

“Biar cepat dikirim lagi sama KPU RI penggantinya. Surat suara rusak sudah biasa ditemukan,”ucapnya.

Baca Juga: KPU RI Distribusikan Logistik Surat Suara Pilpres ke 27 Negara

Sementara ketua KPU Kota Serang Ade Jahran mengaku sampai saat ini keseluruhan surat suara yang rusak cukup banyak. Namun mantan ketua Komisi Informasi Banten ini enggan menyebutkan secara detail jumlahnya.

“Kalau kerusakan banyak hampir tiap hari kita laporkan ke KPU RI melalui biro logistik, mudah mudahan dalam waktu dekat ada pergantian, yang sudah di temukan kerusakan dari yang sudah di lipat seperti, DPR RI, DPRD Banten, DPRD kota,” tegasnya.

Kata Ade, kerusakan yang sering ditemukan didominasi kerusakan akibat printer percetakan yang berantakan serta beberapa juga ada yang buram.

“Saat ini tahapnya masih pelipatan surat suara capres-cawapres dan DPD. Total surat suara yang sudah kita terima ada 2,3 juta lebih surat suara, sudah ada di gudang kita semua,”ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...