Connect with us

Pemilu

Rocky Gerung Ungkap Pilpres Tinggal 20 Hari Lagi Tapi Undecided Voters Masih Tinggi, Tanda Bahaya bagi Petahana?

Published

on

Rocky Gerung seusai menjadi pembicara di acara diskusi di Kota Serang.

Rocky Gerung seusai menjadi pembicara di acara diskusi di Kota Serang. Akademisi yang tengah digandrungi millenials dan emak-emak ini mengunjungi Kota Serang, padahal tempat ini baru sehari dikunjungi Jokowi. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Jokowi-Ma’ruf mengawali kampanye terbuka di Serang, Banten, Minggu, 24 Maret 2019. Di daerah berjuluk Tanah Jawara ini, Jokowi-Ma’ruf bertekad merebut kemenangan dari rivalnya.

Namun, hanya berselang sehari setelah Jokowi-Ma’ruf berkampanye, akademisi yang tengah digandrungi millenials dan emak-emak, Rocky Gerung ‘menyisir’ dua wilayah di Banten untuk menularkan pikirkan kritis kepada warga Banten. Rocky menghadiri diskusi di Kota Serang dan Kabupaten Pandeglang, Senin, 25 Maret 2019.

Kehadiran Rocky seolah tengah mementahkan upaya Jokowi-Ma’ruf mengunci pemilih di Banten. Pasalnya, seperti yang jamak diketahui, dalam setiap kegiatannya Rocky kerap melontarkan kritik atas kepemimpinan Jokowi yang gagal.

BACA :  Spanduk Ejekan ke Prabowo-Sandi Masih Bertebaran di Kota Serang, Sekber: Kurang Akal Sehat

BACA JUGA: Dispora Kota Serang Hanya Bisa Pasrah Stadion Maulana Yusuf Hancur Dipakai Kampanye Jokowi-Ma’ruf

Seusai menjadi pembicara dalam Forum Dialog Akal Sehat; Budaya dan Iklim Demokrasi di Banten yang digelar di Graha Mahesa, Karundang, Kota Serang, Rocky mengungkapkan soal fenomena undecided voters dalam hasil survei yang jumlahnya mencapai 13 persen. Meski tak menyebut sumber rujukan survei yang dimaksud, kuat dugaan yang dimaksud Rocky adalah hasil survei Litbang Kompas.

Dilansir kompas.com, survei terbaru yang dilakukan Litbang Kompas pada 22 Februari 2019 – 5 Maret 2019 menunjukkan, jarak elektabilitas antara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, semakin tipis.

BACA :  Kerusakan Stadion Maulana Yusuf Disebut Wajar, Ketua DPRD Kota Serang: Paslon 02 Kalau Mau Pake Silahkan

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf berada di angka 49,2 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 37,4 persen. Adapun, 13,4 persen responden menyatakan rahasia.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak melalui pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di Indonesia, dengan tingkat kepercayaan 95 persen, dan margin of error +/- 2,2 persen.

Rocky meyakini undecided voters tersebut adalah pemilih yang ragu-ragu terhadap petahana.

“Survei, bila ada dua kandidat, undecided itu undecided terhadap petahana. Karena itu dasarnya. Tentu saja ada undecided terhadap penantangnya, tapi yang sudah firm jalan pikirannya, konsepnya (petahana). Karena udah punya prestasi 4 tahun adalah petahana,” jelas Rocky.

BACA JUGA: Kampanye di Banten Sebut Santri Akan Malu Jika Pasangan 01 Kalah, Warganet Ramai-ramai ‘Serang’ Ma’ruf Amin

BACA :  KPU Kota Serang Minta Parpol Serahkan Ini Sebelum 23 September

“Jadi orang yang sudah bisa melihat secara rasional pasti sudah menentukan (pilihan). Maka kalau undecided, itu undecided terhadap petahana,” sambungnya.

Rocky mengungkapkan, dua minggu sebelum pemilu ada 13 persen undecided merupakan hal yang luar biasa.

” Itu ada keragu-raguan terhadap petahana. Kalau orang ragu-ragu terhadap penantang itu hal biasa, tapi kalau orang ragu-ragu terhadap petahana itu hal luar biasa di saat tinggal 20 hari menjelang pemilu,” ungkapnya.

Editor:  Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler