Connect with us

Advertorial

Di Kota Tangerang, Masyarakat Bisa Tukar Sampah Jadi Emas

Published

on

Sekda Kota Tangerang (Batik) ketika meresmikan Bank Sampah di Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh. (Istimewa).

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang bersama dengan PT. Pegadaian menggelar kegiatan Gold For Work di RW 05 Kelurahan Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Sabtu, 6 April 2019. Dalam kesempatan tersebut juga diresmikan Bank Sampah.

Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri mengatakan dengan adanya Bank Sampah ini pemerintah mengajak masyarakat untuk menabung sampah anorganik agar bisa ditukarkan menjadi emas.

“Jadu kalau sampah anorganiknya minimal senilai Rp. 53 ribu masyarakat sudah berhak mendapatkan emas 0,1 gram,”kata Dadi dalam siaran pers yang diterima BantenHits, Minggu, 7 April 2019.

Dadi berharap dengan adanya Bank Sampah dapat mengurangi volume sampah di TPA Rawa Kucing dengan pemilahan mulai dari lingkungan langsung.

“Kita punya TPA yang terbatas, jadi mulai dari rumah harus kita pilah, dan Bank Sampah ini solusinya. Semakin sedikit sampah yg dikirim ke TPA semakin baik,”harapnya.

Senada dengan Dadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Engkos Zarkasyi, menjelaskan alur dari penukaran sampah nantinya akan dikoordinir langsung oleh pengurus Bank Sampah.

“Sistemnya warga membawa sampah anorganik mereka ke Bank Sampah, kemudian dipilah dan ditimbang. Setelah ditimbang, biasanya warga akan menerima uang, tapi kali ini uangnya ditabung untuk ditukar emas di kemudian hari,” jelas Engkos.

“Nanti seperti tabungan biasa ada bukunya, pencatatannya jelas, dan mulai dari 53 ribu rupiah itu senilai dengan emas seberat 0,1 gram,”sambungnya. (ADVERTORIAL)

Trending