Connect with us

Pemilu

Pendukung Prabowo-Sandi “Menggila” di GBK, Akun Ini Nekat Sebar Hoaks Lautan Manusia Hadiri Kampanye Jokowi di Lampung

Published

on

Foto hoaks lautan manusia saat Kampanye Jokowi di Lampung

Foto hoaks lautan manusia saat Kampanye Jokowi di Lampung disebar di media sosial. (Foto: liputan6. com)

Tangerang – Lautan manusia penuh sesak menghadiri Kampanye Akbar Prabowo-Sandi di Gelora Bung Karno (GBK), Minggu, 7 April 2019. Foto-foto pendukung capres-cawapres 02 yang “menggila” seketika bertebaran menguasai langit maya Indonesia.

Selang beberapa saat setelah foto lautan massa di GBK tersiar luas, tiba-tiba muncul foto yang diklaim menggambarkan kampanye terbuka capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi di Lampung beredar di media sosial.

Dikutip dari liputan6.com, dalam gambar itu terlihat kerumunan orang, bak lautan manusia, yang memenuhi sebuah lapangan.

Dalam gambar tersebut, terdapat tulisan #01 Lampung. Itu seakan mengklaim bahwa kejadian itu merupakan kampanye terbuka yang dilakukan capres petahana.

Gambar tersebut diunggah oleh akun Eliza Kitty pada 7 April 2019. Konten yang diunggah tersebut telah 37 kali dibagikan dan mendapat 195 komentar warganet.

Dari penelusuran liputan6.com menggunakan Google Image, gambar yang viral itu ternyata bukan peristiwa kampanye terbuka yang dilakukan oleh Jokowi di Lampung.

Gambar tersebut ternyata merupakan kampanye yang dilakukan Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari yang digelar di negara bagian Jigawa pada Sabtu 2 Februari 2019 lalu.

Fakta ini dikutip dari situs legit.ng dengan judul artikel ‘Buhari, APC next level train arrives Dutse, Jigawa’.

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta tersebut, liputan6.com menyimpulkan, gambar tentang masyarakat yang memenuhi kampanye capres nomor urut 01, Jokowi di Lampung ternyata tidak benar.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending