Connect with us

Pemilu

Ditemukan Surat Suara Tercoblos Jokowi-Ma’ruf, Bawaslu Minta KPU Hentikan Pemungutan Suara di Malaysia

Published

on

JOKOWI HADIRI DEKLARASI DUKUNGAN KELUARGA CHASAN SOCHIB

Jokowi-Ma’ruf seusai menghadiri deklarasi dukungan dari keluarga besar Chasan Sochib. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Tangerang – Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu memastikan video viral yang memperlihatkan surat suara telah tercoblos untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf adalah benar.

Dilansir viva.co.id, Bawaslu Fritz Edward Siregar, membenarkan penemuan surat suara terjadi di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam video itu, surat suara yang dalam bentuk sejumlah karung di sebuah tempat seperti rumah toko kosong.

Fritz Edward menjelaskan, Panwaslu luar negeri Kuala Lumpur telah menemukan surat suara telah tercoblos itu. 

“Panwaslu luar negeri Kuala Lumpur sebagai penemu. Kita well informed. Benar,” kata Fritz saat dihubungi, Kamis, 11 April 2019.

BACA :  Tiga Pejabat Gabung Timses Anak Gubernur Bisa Lolos, Ternyata KASN Tak Proses Sanksi karena Tak Dapat Tembusan Bawaslu

Ia akan meminta KPU untuk mengevaluasi kinerjanya. Sebab, terbukti PPLN tak melakukan tugas dengan benar.

“Kita sudah membuat rekomendasi soal kinerja PPLN yang diragukan. Kami akan meminta KPU menghentikan pemungutan suara di seluruh Malaysia, sementara, sampai semua jelas. Jelas ada kegiatan yang TSM,” kata Fritz.

Dalam video itu, tampak sudah tercoblos dengan bolongan kecil untuk nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. Tak hanya pilpres, namun surat suara untuk Pileg 2019. Dalam surat suara itu tampak salah seorang caleg Nasdem.

Editor:  Darussalam Jagad Syahdana

 



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler