Connect with us

Pemilu

Terungkap! Surat Suara Tercoblos Jokowi-Ma’ruf Ternyata Dikemas Tas Diplomatik, Ini Kronologi Lengkapnya

Published

on

Capres Jokowi ketika berkampanye di hadapan massa yang memadati Stadion Maulana Yusuf. Dalam acara tersebut Jokowi memuji Provinsi Banten yang telah melahirkan banyak ulama besar dan cerdas seperti Ma’ruf Amin.

Tangerang – Peristiwa memalukan yang mencoreng muka Indonesia di dunia internasional terjadi menjelang pelaksanaan Pemilu Indonesia 2019 di Malaysia. Panwaslu Kuala Lumpur berhasil menemukan gudang penyimpanan kertas suara yang sudah tercoblos untuk Jokowi-Ma’ruf, Kamis, 11 April 2019.

Namun, upaya Panwaslu Kuala Lumpur menggagalkan aksi penjahat demokrasi justru malah diserang hoaks. Ketua Panwaslu Kuala Lumpur difitnah sebagai relawan 02.

BACA JUGA: Bongkar Gudang Surat Suara Tercoblos Jokowi-Ma’ruf, Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Diserang Hoaks

Berikut ini kronologi lengkap penggerebekan penyelundupan surat suara di Selangor, pada hari Kamis 11 April 2019, berdasarkan keterangan resmi dari Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kuala Lumpur, Yaza Azzahara Ulyana seperti dilansir viva.co.id.

– Pukul 12.48 
Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara menerima laporan dari seorang relawan sekber satuan tugas Badan Pemenangan Nasional PADI Malaysia (Prabowo-Sandi), yang bernama Parlaungan.

Lewat Whatsapp, pelapor melaporkan dugaan penyelundupan surat suara yang diduga dilakukan oleh oknum tertentu

– Pukul 13.00
Yaza dan seorang anggota Panwaslu KL bernama Rizki Israeni, tiba di lokasi tepatnya di Taman Universiti Sungai Tangkas Bangi 43000 Kajang, Selangor.

Lokasi temuan ribuan surat suara itu merupakan sebuah ruko yang sudah dipenuhi dengan surat suara di dalam tas diplomatik sebanyak 20 buah, 10 kantong plastik hitam, dan sekitar lima karung goni putih dengan tulisan Pos Malaysia. Berdasarkan sampel yang dibuka, semua surat suara telah dicoblos untuk paslon 01. Sementara itu untuk surat suara legislatif sudah tercoblos Partai Nasdem dengan calon legislatif DPR RI nomor urut 3.

– Pukul 13.30
Sebanyak enam orang Polisi Diraja Malaysia datang ke lokasi temuan surat suara dan meminta keterangan dari saksi di lokasi tersebut. Atas keterangan kepolisian, maka direkomendasikan agar pihak Kedutaan Besar RI di Malaysia mengambil semua surat suara di lokasi penyimpanan tersebut

Pukul 14.20
Polisi Malaysia langsung memasang garis polisi di ruko tempat ditemukannya surat suara tercoblos

– Pukul 14.30
Panwaslu Kuala Lumpur kembali menerima informasi tambahan dari anggota satgas BPN PADI, bahwa terdapat lokasi lain yang menjadi gudang penyimpanan surat suara POS. Lokasi temuan kedua berada di sebuah rumah di kawasan Bandar Baru Bangi, Selangor, yang jaraknya sekitar 15 menit dari lokasi pertama. 

– Pukul 15.00
Panwaslu Kuala Lumpur menuju ke Balai Polis Sungai Tangkas untuk membuat laporan kepolisian terkait dugaan pelanggaran pemilu.Laporan tersebut telah diterima oleh pihak kepolisian Sungai Tangkas dan sedang dalam tahap pemeriksaan

– Pukul 17.00
Panwaslu Kuala Lumpur tiba di lokasi temuan kedua dan langsung menuju ke lokasi penyimpanan surat suara. Di lokasi tersebut, ditemukan sebanyak 158 karung dengan bobot surat suara sebanyak 216-239 per karungnya.

Di lokasi itu, surat suara yang telah tercoblos adalah untuk paslon 01 dan caleg DKI Dapil 2 Nasdem nomor urut 2. Ditemukan pula beberapa lembar surat suara tercoblos untuk caleg Demokrat nomor urut 3.
 
Editor: Darussalam Jagad Syhadana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending