Connect with us

Pemilu

16.275 Surat Suara Rusak di Kabupaten Lebak Dimusnahkan

Published

on

Asda I Pemkab Lebak Alkadri didampingi ketua KPU Lebak (kiri), Kepala Kejari (Kanan) dan Bawaslu (kedua dari kanan) ketika memusnahkan surat suara rusak di kantor KPU Lebak. (Fariz Abdullah/BantenHits).

Lebak- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Lebak memusnahkan 16.275 surat suara pemilihan umum (Pemilu) 2019 yang kedapatan rusak atau cacat, Selasa, 16 April 2019. 

Pemusnahan 5 jenis surat suara tersebut dilakukan di Kantor KPU Kabupaten Lebak, Jalan Abdi Negara, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak dengan disaksikan Bawaslu, TNI, Polri, Kejaksaan Negeri dan Pemkab Lebak.

“Hari ini kita musnahkan surat suara yang rusak. Kita ingin transaparan dari berbagai segi,”kata Ketua KPU Lebak, Ni’matullah.

BACA :  Polairud Polda Banten Perketat Skema Pengawalan Distribusi Surat Suara Pemilu

Ni’matullah memaparkan dari 16.275 surat suara yang rusak terdiri dari 4.236 surat suara presiden, DPD 385 lembar, DPR RI 4.656 lembar, DPR Provinsi 1.300 lembar, DPRD Kabupaten Lebak 5.698 lembar.

“Memang ini baru jumlah sementara yang rusak, karena memang hari ini masih ada beberapa lagi yang dalam perjalanan pengiriman dari KPU pusat,”jelasnya.

Namun, Ni’matullah memastikan jika ditemukan terdapat surat suara yang rusak dari hasil pengiriman saat ini, KPU Lebak akan segera melakukan pemusnahan.

“Nanti kita sortir kalau ada lagi yang rusak, kita musnahkan,”tegasnya.

Kata Ni’matullah, surat suara yang ditemukan rusak akibat kondisinya yang tidak simetris, terdapat bercak tinta, warna yang pudar dan bahkan beberapa yang sobek juga berlubang.

BACA :  Dicecar Pertanyaan Politik Uang, Bawaslu Kota Serang: Penerima Terbebas dari Hukuman

“Untuk yang tercoblos tidak kita temukan, semuanya murni kerusakan karena percetakan,”katanya.

Baca Juga: Hujan Deras, Belasan Kotak Suara di Empat Kecamatan Kabupaten Lebak Rusak

Sementara Alkadri Asda I Pemkab Lebak mendukung kegiatan pemusnahan surat suara Pemilu yang rusak. Pada dasarnya pemerintah akan mendukung seluruh program KPU agar pelaksanaan Pemilu berjalan lancar, aman dan damai.

“Kita harap proses pesta rakyat di Kabupaten Lebak ini berjalan aman dan lancar, juga kondusif,”imbuhnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler