Connect with us

Pemilu

Hujan Deras, Belasan Kotak Suara di Empat Kecamatan Kabupaten Lebak Rusak

Published

on

Salah satu kotak suara di Kecamatan Cigemblong yang rusak akibat terkena cipratan air hujan. (Istimewa).

Lebak- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kabupaten Lebak mengaku sempat mengalami kendala dalam pendistribusian logistik Pemilah Umum atau Pemilu 2019 menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jalan rusak dan kondisi cuaca menjadi penyebab pendistribusian sempat terhambat.

Ketua KPU Lebak, Ni’matullah mengatakan sejak Minggu, 14 April 2019 seluruh Panitia Pemungutan Suara diperintahkan untuk mulai bergerak mendistribusikan logistik ke 3.992 TPS yang ada di Kabupaten Lebak.

“Ada beberapa kendala yang kita temukan salah satunya cuaca buruk yang menyebebabkan belasan kotak suara rusak karena terguyur hujan,”kata Ni’matullah kepada awak media, Selasa, 16 April 2019.

Menurutnya, berdasarkan hasil perhitungan sekitar 16 kota suara ditemukan rusak saat akan di distribusikan menuju TPS. Rinciannya, sebut Ni’matullah, terdapat 9 kotak suara yang rusak di Kecamatan Cimarga, 1 di Kecamatan Cigemblong, 2 di kecamatan Sobang dan 4 di kecamatan Malingping.

“Tidak sampai 20 kotak suara yang rusak, karena kita punya cadangan jadi saat itu juga langsung kita ganti. Insha Allah hari ini seluruh logistik bisa sampai ke TPS semua,”tegasnya.

Ni’matullah menyarankan agar setiap PPS yang tersebar di Kabupaten Lebak agar memperhitungkan kondisi cuaca saat akan melaksanakan pendistribusian agar tidak lagi ditemukan kotak suara atau logistik lainnya yang rusak.

“Kalau cuaca buruk, tahan saja dulu pendistribusiannya,”imbuhnya. 

Editor: Fariz Abdullah

Trending