Connect with us

METROPOLITAN

Lingkungan Sumur Wuluh Terpapar Kimia, Sekolah Hentikan Aktivitas Lima Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

Published

on

Warga Sumur Wuluh terpapar kimia PT Dover Chemical

Warga Sumur Wuluh, Kota Cilegon, mengenakan masker saat berada di dekat PT Dover Chemical. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Bau kimia menyengat yang menyesakkan dada dan membuat mata perih menerjang Lingkungan Sumur Wuluh, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Selasa, 15 April 2019 sekitar jam 10.30 WIB.

Wartawan BantenHits.com Iyus Lesmana melaporkan, lima warga terpaksa dilarikan ke rumah sakit terdekat akibat terpapar bau kimia. Sementara akitvitas belajar dan mengajar di SDN Sumur Wuluh terpaksa dihentikan karena tenaga pengajar maupun siswa mengalami mual-mual saat menghirup udara yang sudah tercemar bahan kimia tersebut.

Bau kimia menyengat diduga berasal dari Plant B PT Dover Chemical, sebuah pabrik pengolahan bahan kimia di lingkungan tersebut.

Pantauan di lokasi, akibat pencemaran udara bahan kima tersebut mengakibatkan masyarakat yang berada tak jauh dari lokasi perusahaan mengalami gangguan pernafasan dan gangguan penglihatan.

Karyawan Berhamburan Keluar Pabrik

Selain masyarakat, para pekerja yang sebelumnya melakukan aktivitas di dalam perusahaan langsung berhamburan keluar setelah mencium bau bahan kimia tersebut, untuk meminimalisir dampak pencemaran kimia tersebut warga terpaksa menggunakan masker.

“Kira-kira baunya kecium pas jam 10:30 WIB. Saya pas lagi di dalam rumah tiba-tiba ada bau kimia baunya nyengat banget sampe ngebuat perih kemata,” ujar Sabihis, salah seorang warga kepada awak media.

Hal senada juga dikatakan oleh Haris salah seorang buruh yang bekerja di dalam PT Dover Chemical. Bahkan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan ia bersama rekan-rekannya langsung meninggalkan lokasi perusahaan untuk mencari tempat yang aman.

“Kita langsung tinggalin lokasi pabrik takut ada apa-apa. Karena baunya bikin mata perih informasi dari temen-temen katanya lagi start up plant baru.” ungkapnya.

Selain masyarakat dan para pekerja. Pencemaran udara akibat bahan kimia PT Dover Chemical tersebut juga membuat aktivitas kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar ( SD ) Sumur Wuluh terpaksa dihentikan pasalnya baik tenaga pengajar maupun siswa mengalami mual-mual saat menghirup udara yang sudah tercemar bahan kimia tersebut.

“Alat ukur kualitas udara menunjukan angka 600 Ppm. Artinya udara sekitar sudah tercemar bahan kimia yang diduga Formalin,” terangnya.

Hingga berita ini diturunkan, warga Lingkungan Sumur Wuluh masih merasakan bau yang tak sedap. Saat dikonfirmasi awak media pihak perusahaan belum memberikan komentar.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

 

Trending