Connect with us

METROPOLITAN

200 Narapidana Mulai Nyoblos di TPS Khusus Rutan Pandeglang

Published

on

Sejumlah narapidana ketika melakukan pencoblosan surat suara di TPS khusus Rutan Pandeglang. (Engkos Kosasih/BantenHits).

Pandeglang – Ratusan warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Pandeglang menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS Khusus, yakni TPS 60 yang termasuk bagian dari Kelurahan Pandeglang.

Dari ratusan warga binaan itu yang punya hak pilih sekitar 150 diantaranya merupakan warga yang sudah masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sedangkan 50 lainnya merupakan pemilih pindahan dari TPS lain.

“Jika ditotal, jumlah pemilih TPS khusus ini sebanyak 223 pemilih. Penambahan itu termasuk 16 pegawai Rutan dan 7 orang lainnya petugas KPPS,”kata Subseksi Pelayanan Tahanan Rutan Klas II B Pandeglang, Alwan, Rabu, 17 April 2019.

Dari 202 penghuni Rutan yang sudah terdata kebanyak pemilih laki-laki, dan 2 orang diantanya masih di bawah umur sehingga tidak memiliki hak pilih.

“Dari 200 pemilih yang terdata, mayoritas merupakan pemilih pria. Sebab hanya 10 pemilih yang tercatat bergender perempuan,”jelasnya.

Alwan menerangkan, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan menjelang pencoblosan 17 April. Penyelenggara Pemilu juga sudah menyelenggarakan beberapa kali sosialisasi mengenai daftar peserta Pemilu hingga tata cara memilih.

“Kami berusaha mengakomodir hak politik seluruh warga binaan meski saat ini mereka sedang menjalani masa hukuman,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending