Connect with us

Pemilu

Quick Count Konsepindo, Jokowi-Amin 53,28% Prabowo-Sandi 46,72%

Published

on

Direktur Utama Konsep Indonesia (Konsepindo) Research & Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman ketika menunjukan hasil quick count. (Geri Bermara/BantenHits).

Tangsel- Lembaga Survei Konsepindo melakukan hitungan cepat atau quick count Pemilu 2019 khususnya Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Rabu, 17 April 2019. 

Hasilnya, hingga pukul 18.50 WIB dari data yang masuk sebesar 85,7% pasangan Jokowi-Amin unggul dengan perolehan 53,28% sedangkan rivalnya Prabowo-Sandi 46,72%.

“Populasi survei ini berasal dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Indonesia yang tersebar di 34 Provinsi,”kata Direktur Utama Konsep Indonesia (Konsepindo) Research & Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman, di Hotel Grand Zury, BSD City, Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu, 17 April 2019.

Veri menjelaskan, setiap unit populasi TPS mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi unit sampel utama. Jumlah TPS sampel ditetapkan sebanyak 2.000 TPS. Sementara sampel dipilih menggunakan metode Multistage Random Sampling.

“Diperkirakan margin of error sebesar ± 1%, pada tingkat kepercayaan 99%. Sedangkan untuk quality control terhadap hasil wawancara dilakukan sebesar 20% dari total sampel dengan cara monitoring dan pendampingan saat wawancara dan spotcheck setelah survei,”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending