Connect with us

Pemilu

Meleset Jauh dari Hasil Quick Count, Ternyata Data C1 Sebut Prabowo-Sandi Menang Telak di Provinsi Ini

Published

on

Petugas PPS Saat menunjukan penghitungan perolehan suara di salah satu TPS di Kota Cilegon. (Iyus Lesmana/BantenHits).

Tangerang – Pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi ternyata menang telak berdasarkan penghitungan perolehan suara setiap TPS yang terdokumentasi dalam formulir C1 di Sumatera Utara.

Dari jumlah total 42.649 TPS di Sumatera Utara, pihak Prabowo-Sandi sudah mengumpulkan formulir C1 keseluruhannya. Paslon nomor urut 02 memperoleh suara hampir 60 persen.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Badan Pemenangan Provinsi Sumatera Utara, Prabowo-Sandi, Gus Irawan Pasaribu seperti dilansir viva.co.id.

Ketua Komisi VII DPR RI ini bahkan menyebutkan quick count yang disampaikan melalui media tidak benar dan abal-abal. Karena, fakta di lapangan jauh berbeda dengan data yang diperoleh pihaknya.

“Saya mau katakan quick count yang tampil di banyak media itu adalah abal-abal. Karena di dalam posisi quick count itu, Sumut diberi kode basis merah dan dinyatakan 02 kalah,” sebut Gus Irawan kepada wartawan di Medan, Jumat 19 April 2019.

“Fakta yang sudah kami himpun melalui bukan sekedar QC, hanya 2.000 sampel. Saya ngak tahu berapa sampel mereka untuk Sumut. Dari awal, kami optimis menang dan ternyata dari real count ternyata 02 menang di Sumut,” jelas politisi Partai Gerindra itu.

Ditambahkan Gus Irawan, hasil quick count di media terbantahkan dan tidak sesuai dengan data di lapangan dari hasil real count yang mereka lakukan berdasarkan formulir C1.

“Artinya itu membantahkan quick count dari banyak lembaga-lembaga survei dan angkanya jauh ada di dalam quick count Sumatera Utara di sebut hanya mendapatkan 42,38 persen (Prabowo-Sandi) kalah telak. Ternyata kami dari real count dari data data disetiap TPS, C1-nya. Bahwa Sumut 02 Menang,” kata Gus Irawan .

Dengan peroleh suara Prabowo-Sandi sesuai dengan Formulir C1. Gus Irawan mengatakan data tersebut dilakukan secara bertahap dengan pengumpulan data dari seluruh TPS di Sumut. Kemudian, ditabulasi peroleh suara yang didapatkan melalui saksi-saksi di TPS dan relawan Prabowo-Sandi.

“Kami tidak pakai sempel. Kami ada data asli presantesnya hampir 60 persen (Perolehan suara untuk Probowo-Sandi di Sumut),” jelasnya.

Sebelumnya, Indo Barometer menyebutkan di Provinsi Sumatera Utara
Joko Widodo-Ma’ruf Amin meraih 49,71 persen dan hanya terpaut tipis dari kemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang disebut meraih 50,29 persen.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Seno

    21/04/2019 at 13:43

    Kalo sumatera, kalimantan, sulawesi,pasti kubu prabowo yg menang,tp di daerah lain,jelas beda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − five =

Trending