Connect with us

Pemilu

Partisipasi Pemilih Turun Drastis di Dua TPS Kota Serang saat PSU, Jokowi – Prabowo Peroleh Suara Imbang

Published

on

KPPS ketika melakukan penghitungan suara di TPS 05 yang melaksanakan PSU. (Mahyadi/BantenHits).

Serang- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Serang menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang atau PSU di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Cipocok Jaya dan TPS 24 Ciloang, Kota Serang, Minggu, 21 April 2019.

Meski berjalan lancar dengan pengawalan ketat pihak keamanan TNI-Polri, namun partisipasi pemikih mengalami penurunan drastis yakni 25 persen.

“Berjalan kondusif tapi jika dibandingkan dengan pemilihan langsung (17 April 2019), PSU mengalami penurunan partisipasi pemilih di TPS 05 sekitar 55 pemilih tidak hadir, dari DPT 222 pemilih. Jadi hanya sekitar 167 pemilih yang mengikuti tahapan PSU,”kata Komisioner KPU Kota Serang, Fierly Murdlyat Mabrurri.

BACA :  PSU di TPS 13 Pasar Keong Lebak, Prabowo-Sandi Tekuk Jokowi-Ma'ruf dengan 131 Suara

Fierly mengaku belum mengetahui penyebab turunnya partisipasi pemilih saat PSU. Namun, sambung Fierly KPU tidak bisa melarang masyarakat yang tidak ingin melakukan pencoblosan di TPS 05.

“Kita mengikuti kamauan masyarakat saja, yang penting Pemilu 2019 ini berjalan lancar dan damai,”jelasnnya.

Baca Juga: KPPS di Kota Serang Ketahuan Coblos Surat Suara Sisa, Bawaslu Rekomendasi PSU

Untuk diketahui, PSU di TPS 05 dua Paslon presiden mendapatkan suara imbang, seperti paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin mendapatkan 83 suara, dan Paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga Uno memperoleh 83 suara dengan 1 suara tidak sah.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler