Connect with us

METROPOLITAN

Duduk di Posisi Paling Buncit, Irna Warning Dindikbud Pandeglang Soal Perolehan Nilai UN

Published

on

Bupati Pandeglang Irna Narulita ketika meninjau pelaksanaan UNBK. (Engkos Kosasih/BantenHits).

Pandeglang – Sebanyak 115 SMPN, MTS, dan 3 SMP Terbuka di Kabupaten Pandeglang melakasanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Dalam pelaksanaan itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta agar hasil Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Pandeglang tidak anjlok seperti tahun sebelumnya yang mendapat nilai buncit se-Provinsi Banten dengan nilai 163.62.

“Saya minta kepada Kadisdik agar tahun ini hasil UN Kabupaten Pandeglang jangan sampai anjlok peringkatnya seperti tahun lalu,” kata Irna usia memonitoring pelaksanaan UNBK di SMPN 3 dan SMPN 4 Pandeglang, Senin, 22 April 2019.

Usai mendapat peredikat buncit, Bupati wanita di Pandeglang ini langsung merombak 28 Kepala Sekolah (Kepsek). Bahkan, Tahun ini juga Irna, memberikan sinyal warning keras kepada Kadisdik, Kepala Sekolah dan para guru agar nilai UN tidak anjlok.

BACA :  Kades di Lebak Nikahi Gadis 13 Tahun, Begini Curhatnya

“Apa yang dilakukan jika hasil UN tidak ada peningkatan, berarti nol hasilnya, cari tau apa masalahnya apakah muridnya ataukah para gurunya,”cetusnya.

Baca Juga: Minim Perangkat, 5.780 Pelajar SMP di Pandeglang Tak Bisa Ikut UNBK

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pandeglang, Olis Sholihin meyakini pada tahun ini ada peningkatan nilai dari tahun sebelumnya. Lantaran Olis mengklaim, pihak Dinas Pendidikan terus melakukan  peningkatan kapasitas bagi para guru pengajar.

“Para guru yang sudah PNS harus memberikan kinerja yang maksimal, dan saya harap tahun ini tidak lagi kedelapan ditingkat provinsi minimal peringkat 6 nilai terbaik hasil UN,” ujarnya.

Olis menilai, tolak ukur untuk mendorong keberhasilan para siswa dalam melaksanakan ujian ada beberapa komponen diantaranya guru, siswa, dan orang tua.

BACA :  Gempa Berpotensi Tsunami Landa Banten, Warga Lebak Selatan Panik Ngungsi di Gunung Curi

“Kita harus bersama – sama dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sekarang generasi milineal banyak anak terganggu salah satunya oleh gadget, disini peran orang tua  sangat penting untuk mendorong peningkatan belajar siswa,” tutupnya.

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler