BNPB Ajak Masyarakat Pandeglang Wujudkan Destana

Date:

Kasubdit Peran Masyarakat Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Pangarso Suryotomo ketika memberikan materi. (Engkos Kosasih/BantenHits).

Pandeglang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak kalangan masyarakat di Pandeglang untuk mewujudkan Desa Tangguh Bencana atau Destana di masing-masing wilayah yang memiliki potensi bencana.

Kasubdit Peran Masyarakat Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPB, Pangarso Suryotomo mengatakan ada sekitar 3900 Destana di Indonesia yang telah dibentuk, termasuk menginisiasi dua Destana di Kabupaten Pandeglang.

Kedua destana itu nantinya akan dijadikan percontohan yang nantinya akan dikembangkan oleh Pemerintah Daerah khusunya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan desa-desa lain yang ada di Kabupaten Pandeglang untuk membentuk Destana baru.

“Di Pandeglang baru ada dua Destana yang diinisiasi oleh kami, yang dua itu untuk percontohan untuk desa-desa yang lain, nanatinya (Destana) akan bertambah,”kata Pangraso saat menjadi pemateri pelatihan siaga bencana di Tanjung Lesung, Selasa, 23 April 2019.

Resiko Bencana di Kabupaten Pandeglang, lanjut dia tersebar di 48 Desa yang tersebar di 10 Kecamatan se-Kabupaten Pandeglang,  seperti Kecamatan Panimbang, Cigeulis, Cimanggu, Sumur, Cibitung, Carita, Cikeusik, Pagelaran, dan Sukaresmi. Resiko bencana tersebut meliputi Tanah longsor, Gempa bumi, Banjir, Sampai bencana Tsunami.

“Destana ini sangat penting, karena masyarakat harus di persiapkan dalam menghadapi bencana,”ujarnya.

Oleh karena itu, BNPB meminta agar Desa dapat mengalokasikan anggaran yang bersumber dari dana desa (DD) untuk meningkatkan kapasitas Desa dengan melakukan serangkaian prosedur mitigasi kebencanaan, seperti yang tertuang dalam Permendes nomor 16 tahun 2018 Tentang Perioritas Penggunaan Dana Desa.

“Dana Desa harus bisa digunakan untuk mitigasi bencana, mengadakan pelatihan untuk masyarakat dalam menghadapi bencana,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...