Connect with us

Pemilu

63 TPS di Kota Tangerang Gelar PSU Sabtu 27 April 2019, Surat Suara Jumat Ini Distribusikan

Published

on

Bawaslu Banten ungkap Temuan di 380 TPS

Komisioner Bawaslu Banten Nuryati Solapar(berbaju item) bersama Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudi (baju putih) saat memberikan keterangan pers di Bawaslu Banten. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – KPU Kota Tangerang akan menggelar pemungutan suara ulang atau PSU di 63 TPS di Kota Tangerang, Sabtu, 27 April 2019. Jumlah TPS yang menggelar PSU di Kota Tangerang yang semula hanya 22 TPS, bertambah 41 TPS berdasar rekomendasi Bawaslu Kota Tangerang, Rabu, 25 April 2019.

Komisioner Bawaslu Banten Nuryati Solapari mengatakan, berdasarkan rekomendasi Bawaslu Kota Tangerang, PSU digelar di 63 TPS karena alasan pelanggaran, dengan tingkat pelanggaran yang bervariatif.

“Iya (ada tambahan PSU) sama halnya kajiannya ada PSU dan PSL karena kemarin belum masuk semua laporan terkait beberapa TPS. Semalam (Rabu malam, 25 April 2019) itu ada informasi di temen-temen (Bawaslu) Kota Tangerang ada tambahan, kemarin 22 TPS belum masuk semua dari seluruh kecamatan, kemarin baru terekap semuanya ada 63,”  ujar Nuryati melalui sambungan telepon kepada BantenHits.com, Kamis 25 April 2019.

Pelaksanaan PSU di 63 TPS, lanjut Nuryati, sesuai aturan paling lambat 10 hari setelah pencoblosan, artinya pelaksanan PSU akan dilaksanakan pada, Sabtu 27 April 2019.

“Pelaksanaan lusa Sabtu ya karena udah tidak ada hari lagi, tidak ada pilihan,” ucapnya.

Menurut Nuryati, terkait distribusi surat suara semuanya ada dalam kewenangan KPU, namun ia mengungkapkan sudah menerima laporan dari KPU bahwa surat suara akan didistribusikan Jumat, 26 April 2019 ini.

“Besok semua teknis di temen-temen KPU untuk kegiatan, kita doakan saja. Kami juga merekomendasikan KPPS-nya diganti,” tuturnya.

Terkait pengawasan, Nuryati memaparkan, di 63 TPS yang lakukan kegiatan PSU akan diwasi oleh satu anggota pengawas, artinya tidak ada penambahan jumlah pengawas di TPS.

“Tidak ada tambahan kita tetap memperdayakan temen kemarin, tetap pengawasan melekat. Kami Bawaslu Banten juga akan monitoring pengawasan terhadap pelaksanaan PSU hampir semuanya,” pungkas Nuryati.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending