Connect with us

METROPOLITAN

Luapan Sungai Cisadane Rendam Tiga Wilayah di Tangerang Selatan

Published

on

Akibat curah hujan tinggi berdampak pada sungai Cisadane meluap dan menyebabkan sejumlah daerah di Kota Tangerang tergenang. (Istimewa).

Tangsel- Sejumlah wilayah di Kota Tangerang, Provinsi Banten diterjang banjir akibat luapan air sungai Cisadane, Jumat, 26 April 2019. Pemicunya karena intensitas hujan yang tinggi di wilayah Tangerang dan Bogor.

Puluhan rumah, kantor kelurahan dan fasilitas umum di Kota Tangerang dilaporkan terendam sehingga memaksa dua pintua air di bendungan irigasi Cisadane pintu 10 Kota Tangerang dibuka.

Baca Juga: Sungai Cisadane Siaga Satu, Dua Pintu Air Kota Tangerang Dibuka

Luapan air Cisadane tak hanya menerjang masyarakat Kota Tangerang, Puluhan rumah dan fasilitas lainnya di Kota Tangerang selatan juga terkena dampak dari luapan sungai yang saat ini statusnya sudah siaga satu.

Tercatat, ada 3 wilayah yang terdampak luapan air sungai Cisadane dimana lokasi terparah berada di Perumahan Pesona Serpong.

Kepala BPBD Kota Tangsel, Chaerudin mengatakan tiga wilayah di Kota Tangerang selatan yang terdampak luapan air sungai Cisadane yakni Kampung Koceak, Kampung Sengkol dan Perumahan Pesona Serpong, Kademangan.

Ketiganya, sambung Chaerudin merupakan wilayah permukiman yang memang berbatasan langsung dengan aliran Sungai Cisadane.

“Tiga lokasi ini memang kawasan langganan banjir, sebab berbatasan langsung dengan Sungai Cisadane. Jaraknya hanya beberapa meter saja, yang terparah memang yang di Perumahan Pesona Serpong,”kata Chaerudin, Jumat, 26 April 2019.

Chaerudin mengaku telah menerjunkan seluruh personel dan relawan serta dibantu pula oleh petugas dari beberapa dinas diantaranya, Dinas Sosial, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, guna melakukan upaya penanganan terhadap para warga terdampak.

“Sejak malam, kami sudah terjunkan seluruh anggota BPBD dan tenaga medis,”ucapnya.

Menurutnya,  meski kondisi air berangsur surut. Namun, pihaknya terus membantu warga terdampak untuk menyiapkan logistik. Termasuk diantaranya mendistribusikan bantuan makanan, hingga membuat dapur umum dan penyediaan air bersih bagi masyarakat.

Editor: Fariz Abdullah

Trending