Connect with us

METROPOLITAN

Terdampak Pembangunan Tol Serang-Panimbang, Dua Sekolah Dasar di Lebak Dibongkar

Published

on

Dua ruangan SDN 1 Datar Cae, Kecamatan Cirinten ambruk H-1 Ujian Nasional. (Istimewa).

Lebak- Sebanyak 2 bangunan Sekolah Dasar atau SD di Kabupaten Lebak dilaporkan terdampak pembangunan tol Serang-Panimbang. Masing-masing SDN 1 Bojongleles Kecamatan Cibadak dan SDN 1 Gunungsari kecamatan Banjarsari.

Kedua Sekolah Dasar (SD) tersebut juga diketahui akan segera dilakukan pembongkaran setelah pemerintah menentukan lokasi pengganti.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lebak Rina Dewiyanti mengatakan saat ini kedua sekolah tersebut memasuki tahapan penetapan lokasi atau Penlok sesuai dengan SK Bupati Lebak.

“Penggantiannya tidak berupa uang, jadi kita hanya menentukan lokasi dan mereka (perusahaan) akan membangunkan kembali bangunan sesuai dengan bangunan awal,”kata Rina kepada awak media, Rabu, 8 Mei 2019.

BACA :  Angin Puting Beliung Tiba-tiba Muncul di Laut Pulau Tunda Menyapu KM Sampoerna Pengangkut Rombongan Pemancing dari Jakarta, Satu Orang Tewas

Menurutnya, dalam penentuan lokasi sendiri pemerintah daerah tidak sembarangan mengingat banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari kelayakan dan kemudahan akses masyarakat.

“Kita harus berpikir hati-hati juga menentukan lokasinya, jangan sampai penlok pengganti ini nanti tidak ada muridnya. Jangan sampai jauh dari jangkauan pemukiman anak bersekolah,”tuturnya.

Selain 2 sekolah, sambung Rina satu Kantor pelayanan masyarakat atau kantor Kecamatan di Kabupaten Lebak juga turut tergusur pembangunan Tol Serang-Panimbang.

“Memang lokasi yang agak besar itu kecamatan Cibadak, itu juga terdampak,”ucapnya.

Baca Juga: Ruangan Ambruk, Panitia dan Pengawas UN SDN 1 Datar Cae Lebak Ngantor di Halaman Sekolah

Sementara Kepala Dindikbud Lebak Wawan Ruswandi membenarkan terdapat 2 sekolah dasar yang bangunannya akan dibongkar pihak perusahaan pembangunan Tol Serang-Panimbang.

BACA :  Beras Impor Kembali Masuk Indonesia Lewat Pelabuhan di Banten

“Ada 2 sekolah, kita terima jadi bangunan lagi yang membangunkan perusahaan. Kita suah tentukan juga lokasinya,”jelasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler