Connect with us

METROPOLITAN

Menhub Minta Operator di Pelabuhan Merak Bisa Merekam Identitas Setiap Penumpang saat Arus Mudik

Published

on

Menhub Budi Karya di Pelabuhan Merak

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai melaksanakan rapat tertutup di Pelabuhan Merak. (BantenHits.com/Iyus Lesmana)

Cilegon – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menegaskan kepada PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry dan para operator agar mencatat dengan baik data manifest penumpang.

Tujuannya agar setiap penumpang yang menggunakan jasa pelayaran di Pelabuhan Merak datanya dapat terekam dengan baik pada saat Arus Mudik Lebaran 2019. 

“Untuk manifest jadi operator kapal dan ASDP akan mencatat semuanya, dan mengecek data siapa saja penumpang yang masuk ke dalam kapal dengan menggunakan KTP reader,” ujarnya usai melakukan rapat tertutup di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Sabtu, 11 Mei 2019.

BACA :  Geger, Mayat Pria Berbaju Coklat Ditemukan Membusuk di Galian Batu PT Sani Persada

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan bagi para penumpang saat melakukan perjalanan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakahueni maupun sebaliknya, diharapkan operator kapal tidak mengabaikan alat keselamatan termasuk menambah ketersediaan jumlah pelampung kapal. 

“Tadi kita dapat masukan dari Basarnas untuk keselamatan, kita minta kepada ASDP dan operator agar menambah pelampung-pelampung keamanan di setiap kapal,” bebernya. 

Budi mengungkapkan, saat ini persiapan Arus Mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak mengalami peningkatan dibandingkan dengan Arus Mudik sebelumnya. Pasalnya saat ini terdapat penambahan fasilitas yang disediakan untuk melayani para pemudik. 

“Persiapan tahun ini relatif lebih baik, ditandai adanya fasilitas premium ini dan upaya-upaya yang lain, namun demikian kami akan melakukan kajian lebih mendalam agar lebih baik dan supaya tidak terjadi kemacetan lagi,” imbuhnya. 

BACA :  Menkes Sindir Perut Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah di Hadapan Jokowi

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan saat puncak arus mudik, pihaknya akan mengalihkan truk muatan sembako untuk menggunakan jasa pelayaran melalui pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Pelabuhan Panjang yang berada di Lampung Selatan. 

“Untuk ini kemungkinan kita akan mendapatkan bantuan TNI AL. Tadi saya telpon Panglima, mudah-mudahan nanti TNI AL bisa membantu, jadi truk-truk tertentu tidak usah lagi lewat Pelabuhan Merak kita alihkan dan langsung dari Pelabuhan Priok saja, selain itu kita juga akan memprioritaskan menggunakan kapal kapasitas besar dan cepat, jadi kapal yang kecil tidak diprioritaskan melakukan pelayanan,” ujarnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler