Connect with us

METROPOLITAN

Terganjal Perda, ASN di Pandeglang Batal Terima THR Sebelum Lebaran?

Published

on

KEPALA BPKD PANDEGLANG RAMDANI

Kepala BPKD Pandeglang, Ramdani. (Dok.BantenHits).

Pandeglang – Puluhan ribu Aparatur Sipil Negara atau ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Pandeglang mendapat kendala untuk bisa mencairkan Tunjangan Hari Raya atau THR dan Gaji 13. Pasalnya, pencairan itu terganjal oleh Peraturan Daerah (Perda).

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2019 tentang Pemberian THR ASN di pasal 35 dan 36 pasal 10 ayat 2, menjelaskan bahwa teknis pemberian THR yang bersumber dari APBD diatur dengan Peraturan Daerah (Perda).

Baca Juga: Pemkab Bahas Besaran Nilai THR ASN Kabupaten Lebak

Sementara saat ini, Pemkab Pandeglang kebingungan untuk menyusun Perda mengenai teknis pemberian THR dan gaji 13. Mengingat, waktu yang diperlukan membentuk Perda tidaklah sebentar.

“Perda paling cepat itu 3 pekan, karena harus melalui nota pengantar terlebih dulu, pemandangan umum fraksi, pembentukan Pansus, pembahasan Pansus dengan eksekutif, jawaban bupati, baru finalisasi. Paling cepat 3 minggu,”kata Kepala BPKD Kabupaten Pandeglang, Ramadani saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 13 Mei 2019.

Akibatnya, hampir dipastikan pencairan THR dan gaji 13 bagi ASN di Pandeglang diberikan setelah lebaran. Kecuali, apabila pemerintah pusat melakukan revisi atas PP tersebut.

“Jadi kemungkinan akan cair setelah lebaran. Karena tidak bisa kita bayar sebelum lebaran. Itu hampir dipastikan tidak bisa, kecuali pemerintah pusat melakukan revisi. Sepanjang PP-nya tidak direvisi, maka tetap pakai Perda,” jelasnya.

Mantan Inspektur Inspektorat Pandeglang itu menyebutkan, BPKD sejatinya sudah menyiapkan anggaran untuk membayar THR dan gaji 13 ASN, termasuk Tunjangan Kinerja (Tukin).

“Anggaran sebesar Rp49 miliar, masing-masing untuk THR dan gaji 13. Ditambah Rp13 miliar untuk tunjangan kinerja. Karena pemberian THR itu satu kali gaji plus tunjangan, jadi full. Dikasihnya sebelum lebaran. Tapi kalau gaji 13 nanti dibulan Juni,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending