Connect with us

METROPOLITAN

Disnakerstrans Prediksi Pembuat Kartu AK1 di Lebak Membludak Setelah Idul Fitri

Published

on

Kepala Disnakertrans Lebak Maman Suparman ketika memberikan keterangan pers kepada awak media. (Istimewa).

Lebak – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi atau Disnakertrans Lebak, memprediksi permintaan pembuatan kartu tanda pencari kerja atau AK1 diwilayah Kabupaten Lebak akan membludak.  Menyusul banyaknya pelamar kerja yang baru keluar sekolah dan ingin bekerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak, Maman Suparman menerangkan biasanya setelah lebaran banyaknya warga yang datang untuk dibuatkan kartu AK1. Oleh karena itu Disnakertrans sudah mempersiapkan sarananya, terlebih disaat membludaknya anak muda yang baru lulus SMA atau SMK.

“Penerbitan Kartu AK1 jika dibandingkan hari biasa tidak begitu banyak, akan tetapi saat memasuki momen setelah pelajar SMA/SMK menerima Ijazah kelulusan, jumlah permintaannya sangat melonjak. Apalagi usai Hari Raya Idul Fitri dan Adha,”kata Maman diruang kerjanya, Senin, 20 Mei 2019.

Dia menjelaskan, penerbitan kartu AK1 dari Januari hingga Desember 2018 lalu, jumlahnya mencapai sekitar 5000 lebih. Hal tersebut tidak dapat menutup kemungkinan, jelang lebaran pasti membludak.

“Untuk itu kami sudah mempersiapkan, tempat antriannya dengan menggunakan tenda. Walaupun sedikit menggunakan jalan raya,”katanya.

Saat disinggung disetiap tahunnya selalu ada lonjakan jumlah permintaan penerbitan AK1, pihaknya mengaku karena, pencaker yang sudah memiliki kartu AK.1 baik yang sudah bekerja maupun belum mendapatkan pekerjaan. Terkadang tidak pernah kembali lagi untuk melakukan kordinasi.

Terlepas jumlah permintaan pembuatan kartu AK1 disetiap tahunnya selalu bertambah. Faktor penyebabnya, karena mereka yang sudah bekerja terkadang tidak memberikan informasi bahwasannya sudah mendapatkan pekerjaan.

“Maka dari itu saya menyarankan, per enam bulan sekali, bagi yang sudah memiliki kartu AK1. Supaya datang kembali kesini untuk melaporkan baik, yang sudah bekerja ataupun belum sama sekali,”ungkapnya.

Selain itu pihaknya mengaku, bahwa untuk saat ini, beberapa perusahaan swasta dalam melakukan rekruitmen kepegawaian selalu menginformasikan melalui Disnakertrans.

“Untuk itu saya sarankan khususnya bagi yang belum bekerja dan sudah memiliki kartu AK1 agar segera datang kesini. Karena kami selalu berupaya untuk memfasilitasi dan mendorong ke perusahaan yang sudah bermitra dengan Disnakertrans,”ungkapnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending