Connect with us

METROPOLITAN

Cari Penyebar Hoaks Warga Baduy Ikut People Power, Tokoh: Harus Minta Maaf  

Published

on

Postingan Akun Facebook Emrin Emir yang mendadak viral lantaran menyebut warga baduy berangkat ke Jakarta untuk mengikuti people power. (Tangkap Layar)

Serang- Menjelang aksi 22 Mei 2019 nama warga Baduy mendadak ramai menjadi perbincangan khalayak di media sosial. Pasalnya salah satu akun Facebook Emrin Emir memposting sebuah foto saat warga baduy melakukan aksi Seba atau ritual tahunan dengan sebuah keterangan yang nyeleneh.

Postingan yang telah ribuan kali dibagikan itu menyebut warga baduy berbondong-bondong turun ke jalan dan berangkat ke Jakarta ke gedung KPU RI untuk mengikuti people power.

Menanggapi hal tersebut tokoh masyarakat baduy luar atau yang akrab disapa jaro Saija ini menepis seluruh isu hoaks yang sunter menyerang baduy. 

“Hoax eta mah, soalnya orang Baduy mah moal aya milu (hoax itu mah, soalnya orang Baduy enggak bakalan ikut),” kata Jaro Saija, Kepala Desa Suku Baduy, saat dikonfirmasi oleh awak media, Selasa, 21 Mei 2019.

Menurutnya, masyarakat Baduy tidak terlalu ambil pusing dengan politik. Mereka lebih mengutamakan silaturahmi antar warga. Para Petapa ini berharap siapapun Presiden nya, Indonesia tetap damai dan keutuhan NKRI menjadi tetap di utamakan.

“Masalahna urang kieu (masalahnya orang sini), lamun masalah politik mah orang Baduy moal milu (kalau masalah politik mah orang Baduy enggak bakalan ikut), embung (malas),” ujarnya.

Jika ada yang mengaku orang Baduy people power, maka hatus dibuktikan. Karena Jaro Saija memastikan hingga siang tadi, tidak ada satupun warganya yang berangkat ke Jakarta.

Baca Juga: Netizen Ramai-ramai Kecam Isu Hoaks Warga Baduy Turun Gunung Ikut People Power

Selaku kepala Desa adat Suku Baduy, pihaknya meminta pihak kepolisian mencari Siapa penyebar hoax Suku Baduy yang bernagkat ke Jakarta, untuk bergabung dengan massa Aksi People Power.

“Kalau yang ada kaya gitu, harus di cari. Kalau udah ketemu, di obrolin aja, harus minta maaf. (Kita masyarakat Baduy) enggak senang, soalnya ngaco,” jelasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Advertisement
1 Comment

1 Comment

  1. Jesahsir

    24/05/2019 at 04:05

    Jahat nya, HOAX nya kubu 02, Photo2 itu di ambil dari Youtube pada Upacara Adat Tahunan Seba Baduy (6 Des 2016). Itu acara tradisional Suku Baduy luar & dalam yg lagi konvoi. Kenapa Suku Baduy di jadikan obyek HOAX ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =

Trending