Connect with us

METROPOLITAN

Sabu 35 Kg dari Aceh Diselundupkan dalam Truk Sayuran lewat Pelabuhan Merak

Published

on

Foto Ilustrasi: Petugas BNN Saat Melakukan Pemeriksaan Barang Bukti Berupa Ganja Kering Seberat 300 Killogram.

Cilegon – Sabu seberat 35 kilogram diselundupkan dalam sayuran kol dari Aceh melalui Pelabuhan Merak berhasil digagalkan Badan Narkotika Nasional BNN Provinsi Banten di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) Jalan Tol Jakarta Merak KM 2, Cikuasa Atas, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Senin, 21 Mei 2019, sekitar pukul 23.55 WIB.

Dilansir pikiran-rakyat.com, sabu ditemukan petugas setelah disembunyikan pelaku di dinding truk bermuatan sayuran kol.

Kepala Badan Narkotika Kota Cilegon, AKBP Asep Muksin Jaelani, ketika dikonfrimasi membenarkan adanya penangkapan tersebut.

“Ya, benar BNN Provinsi bersama dengan BNNK Cilegon didampingi BNN Pusat berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu asal Aceh melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak seberat 35 kilogram, yang dimasukan dalam dinding truk yang bermuatan sayuran kol,” katanya, Rabu, 22 Mei 2019.

Dia mengatakan, penangkapan yang dipimpin Kombes Pol Andri itu berhasil mengamankan satu unit truk colt diesel dengan nomor polisi BK 9434 IN. Setelah dilakukan pengggeledahan, sebanyak 35 bungkus narkotika jenis sabu seberat 35 kilogram yang dimasukan di dinding truk yang bermuatan sayuran kol juga disita.

“Dari penangkapan tersebut kami berhasil mengamankan dua orang berinisial MZ (50) selaku sopir asal Binjai Sumatra Utara dan SY (59) seorang wiraswasta asal Medan Sumatera Utara. Selanjutnya, kedua tersangka dan barang bukti dibawa menuju ke BNNP Banten untuk proses pengembangan selanjutnya,” ujarnya.

Asep menambahkan, penangkapan ini merupakan yang terbesar kedua setelah beberapa hari lalu BNN Pusat menangkap ratusan narkoba ganja seberat 300 kg. Provinsi Banten, kata dia, saat ini berstatus darurat peredaran narkotika dan obat-obatan (narkoba).

”Pengungkapan semua kasus di daerah mulai dari Polda sampai Polsek mencapai 928 kasus dengan 1600 orang yang menjadi tersangka. Artinya, dari jumlah tersebut, pada tingkat kecamatan atau desa/kelurahan sekitar 30 persen,” tuturnya.

Dia mengatakan, narkoba sudah masuk ke seluruh lapisan masyarakat. Di dunia saat ini ada 379 narkoba jenis baru di mana sudah terdeteksi 71 jenis ada di Indonesia. Penggunanya terbagi menjadi tiga kategori. Ada kategori coba pakai sekitar 59 persen, kategori pecandu 13 persen, dan sisanya teratur dalam memakai narkoba.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending