Connect with us

METROPOLITAN

Pemkab Jamin Kebutuhan Hidup Korban Bencana Banjir Bandang di Lebak

Published

on

Salah satu rumah di Kecamatan Sajira yang mengalami kerusakan setelah diterjang Banjir Bandang. (Facebook: Info Rangkasbitung).

Lebak- Ratusan rumah di Empat Kecamatan di Kabupaten Lebak mengalami rusak bahkan hanyut setelah di terjang banjir bandang, Rabu, 22 Mei 2019. Keempat kecamatan masing-masing Sajira, Muncang, Cimarga dan Leuwidamar.

Dalam peristiwa yang langka terjadi itu juga dilaporkan beberapa fasilitas umum mulai dari jembatan, sekolah hingga Pondok Pesantren mengalami kerusakan. Puluhan Kepala Keluarga (KK) yang mengalami kerusakan pada tempat tinggalnya terpaksa mengungsi.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Lebak, Ratusan Rumah Terendam dan Hanyut

Menanggapi hal tersebut Pemerintah daerah mengaku akan menjamin kebutuhan hidup sehari-hari bagi korban yang terdampak bencana mulai dari kebutuhan makanan, kesehatan, sandang atau pakaian laik pakai.

“Pemenuhan kebutuhan hidup sehari hari bagi korban terdampak bencana dijamin oleh pemda, berupa kebutuhan makan sehari-hari, kesehatan, sandang/pakaian laik pakai, disamping sumbangan dari berbagai pihak,”kata Budi Santoso Komandan Tanggap Darurat BPBD Lebak, Jumat, 24 Mei 2019.

Selain itu, sambung Budi, untuk penanganan infrastruktur jalan yang terkena longsoran tanah seperti di desa Cikarang, Kecamatan Muncang, desa Maraya, Kecamatan sajira, serta Kampung Cigaclung desa Sobang, Kecamatan Sobang sudah mulai dilakukan dengan menurunkan exavator dari dinas PUPR agar akses masyarakat bisa segera terbuka kembali menjelang Idul Fitri.

“Kita juga menurunkan tim teknis mulai hari ini untuk melakukan pendataan dan verifikasi kerusakan rumah tinggal, Fasilitas sosial dan fasilitas umum serta infrastruktur jalan untuk bahan pembahasan penanganan pasca bencana nanti,”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending