Connect with us

METROPOLITAN

Setelah Amankan Peluru, Polres Serang Kota Sita Uang Palsu

Published

on

Polres Serang Kota Sita uang palsu

Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi (kanan) dan Wakapolres Seorang Kota Kompol Muhammad Andra Wardana menunjukkan uang palsu yang disita saat operasi monitoring keamanan di Gerbang Tol Serang Timur. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Operasi monitoring keamanan yang dilakukan Polres Serang Kota di sejumlah akses tol menuju Jakarta sepekan terkahir, terbukti efektif.

Dalam patroli penyekatan di Gerbang Tol Serang Timur, Kota Serang, Jumat dini hari, 24 Mei 2019, Kepolisian Resor Serang Kota mengamankan tiga pria paruh baya pembawa uang palsu.

Wartawan BantenHits.com Mahyadi melaporkan, ketiganya diamankan setelah petugas curiga dengan gerak-gerik mereka saat minibus yang mereka tumpangi diberhentikan.

Saat dilakukan pemeriksaan petugas Kepolisian Resor Serang Kota mendapati 10 amplop berlogo Bank Indonesia yang berisi pecahan uang seratus ribu rupiah palsu dan invoice pencairan uang dari Australia.

“Ketika kita lakukan penggeledahan didapati amplop berisi uang seratus ribu rupiah palsu dan invoice bertuliskan negara Australia,” kata Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi di Gerbang Tol Serang Timur.

“Ada juga belasan lembar mata uang asing, Dollar Amerika, Brunei, dan Canada yang diduga palsu,” tambahnya.

Saat diperiksa ketiga pria paruh baya ini mengaku mendapatkan uang tersebut dari seseorang berinisial B asal Kota Serang dan diminta untuk mengantarkan lembaran uang palsu tersebut ke wilayah Jakarta.

“Dari kenalannya di Kota Serang disuruh kirim ke Jakarta dan akan mendapat upah,” jelas AKBP Firman Affandi.

Salah satu pria berinisial A mengaku hanya disuruh mengantarkan uang tersebut ke orang tuanya di wilayah Jakarta dan mendappatkan imbalan jika selesai mengantarkan paket yang dimaksud.

“Saya gak tahu pak, hanya kenal-kenal gitu aja. Katanya kalau sudah dikirim ke tujuan nanti di kasih buat nambahin uang lebaran,” ujar A.

Untuk mengetahui motif uang palsu ini, ketiga pria tersebut langsung digiring ke Mapolres Serang Kota untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sementara pria berinisial B yang menyuruh masih dalam pengejaran petugas. 

Sebelumnya Polres Serang Kota juga berhasil mengamankan puluhan peluru tajam dari pengendara saat operasi monitoring keamanan di Gerbang Tol Serang Timur yang merupakan salah satu akses menuju Jakarta, Rabu malam, 22 Mei 2019 sekitar pukul 22.00 WIB.

BACA JUGA: Terkaitkah Temuan Peluru dalam Karung di Gerbang Tol Serang Timur dengan Aksi 22 Mei? Ini Penjelasan Polisi

Peluru tersebut ditemukan dalam kondisi sudah berkarat dari dalam karung di mobil yang memuat barang bekas milik Islahi warga Kampung Priyayi, Kebon Sawo, Kelurahan Masjid Priyayi, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending