Connect with us

METROPOLITAN

Harga Gabah Merosot Jelang Lebaran, BUMD: Efek Panen Raya

Published

on

Ilustrasi petani menjemur gabah. (FOTO: tempo.co)

Pandeglang – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Berkah PD. Pandeglang Berkah Maju, mengklaim anjloknya harga gabah bukan karena impor beras, melainkan karena sedang masa panen raya di berbagai daerah, sehingga membuat harga gabah menurun drastis.

Direktur Utama  BUMD Pd. Pandeglang Berkah Maju, Enjum Jumhana mengatakan, harga gabah yang saat ini sedang turun drastis merupakan implikasi dari musim panen, selain itu juga menurunnya daya permintaan di setiap daerah, sehingga terjadinya anjlok untuk harga gabah.

“Gabah yang sekarang baik kering maupun basah, itu harganya bukan karena terpengaruh impor, melainkan sekarang sedang musim panen di berbagai daerah, kalau istilah kitanya sedang panen raya begitu, sehingga harganya turun,” ucap Enjum, Senin, 27 Mei 2019.

BACA :  Ledakan di Mal @Alam Sutera, PT ASR Serahkan Rekaman CCTV ke Polisi

Ia mengatakan, selain karena musim panen raya, di Kabupaten Pandeglang daya konsumsi untuk beras lokal masih rendah, dan lebih bangga mengkonsumsi beras yang didatangkan dari daerah luar.

“Kita ambil contoh saja, kita memasok beras dari Pandeglang, dsn dijual untuk warga Pandeglang juga, salah satunya ASN, ternyata ASN juga masih sekitar 50 persen saja yang membeli, sisanya tidak membeli,” katanya.

Baca Juga: Petani di Pandeglang Menjerit Harga Gabah Merosot Tajam Jelang Lebaran

Menurutnya, jalur kordinasi dari kepala daerah hingga masyarakat bawah belum terjalin dengan harmonis, sehingga peredaran beraspun tidak begitu berjalan di daerah sendiri.

“Nah yang paling mendasar itu adalah siklus dari huku ke hilirnya saja, artiny kesadaran masyarakat bawahnya juga kurang begitu perhatian terhadap hal seperti itu, padahal itu untuk pembangunan mereka juga,” ujarnya.

BACA :  Gapensi Ingin Masyarakat Bantu Kontrol Percepatan Pembangunan di Lebak

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler