Dua Belas Jam, 6.226 Kendaraan Tercatat Melintas dari Pelabuhan Merak Menuju Bakahueni  

Date:

Ribuan kendaraan ketika mengantri di Pelabuhan Merak. (Iyus Lesmana/BantenHits).

Cilegon- H-7 jelang Idul Fitri 2019 suasana di Pelabuhan Merak mulai di padati oleh para pemudik yang hendak melakukan penyebrangan menuju Pelabuhan Bakahueni, Lampung. Rabu, 29 Mei 2019..

Pantauan BantenHits.com sekira pukul 23:42 WIB kantong parkir yang berada di dermaga 1 hingga dermaga 5 Pelabuhan terlihat dipadati oleh kendaraan baik sepeda motor, kendaraan pribadi, bus maupun truk muatan barang. Selain pemudik yang menggunakan kendaraan pemudik pejalan kakipun terlihat mulai ramai di gang way pelabuhan Merak.

Hermansyah salah sorang pemudik yang menggunakan kendaraan mengungkapkan bahwa dirinya bersama keluarga baru bisa melakukan perjalanan mudik karena bertepatan dengan cuti bersama.

“Berangkat dari Jakarta tadi siang, sampai pelabuhan tadi setelah magrib sampai malam ini masih nunggu kapal. Kira-kira sampai Palembang besok sore,”ujarnya saat dikonfirmasi media di Dermaga I Pelabuhan Merak.

Hermansyah mengungkapkan, bahwa ia terpaksa harus menunggu sekitar hampir satu jam lamanya untuk bisa memasuki kapal. Pasalnya saat ia tiba di pelabuhan kondisi pelabuhan telah di padati kendaraan milik para pemudik lainnya.

“Antri untuk masuk kekapal lumayan lama tadi sore sampai dipelabuhan baru masuk ke kapal malam hari. Tidak apa-apa nunggu lama yang penting bisa nyebrang dan lebaran di kampung halaman,”ungkapnya.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Nurhadi mengatakan bahwa pemudik dipelabuhan merak tujuan Sumatera ini biasanya ramai saat malam hari hingga pagi hari. Mereka sengaja melakukan perjalanan malam hari agar bisa sampai di Pelabuhan Bakauheni pagi hari kemudian melanjutkan perjalanan ke kampung halaman.

“Kita coba mengintervensi mudik tahun ini dengan menerapkan diskon 10% untuk keberangkatan pukul 20.00-08.00 WIB. Sebaliknya kenaikan tarif 10% berlaku bagi penumpang yang berangkat siang hari pukul 08.00-20.00 WIB,” ujarnya.

Bedasarkan data yang berhasil dihimpun dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak sejak pukul 08:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB jumlah penumpang yang telah menyebrang menuju Pelabuhan Bakahueni sebanyak 4.999 pemudik pejalan kaki, 32.612 pemudik di dalam kendaraan. 

Serta untuk kendaraan sebesar 1.487 kendaraan sepeda motor, 4.482 kendaraan pribadi dan 257 bus penumpang. Untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan sebanyak 35 kapal penumpang dikerahkan oleh operator Pelabuhan. 

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...