Connect with us

METROPOLITAN

Tak Punya Modal Untuk Nikah Sehabis Lebaran, Pria Asal Jakarta Nekat Bawa Kabur Motor Hasil COD

Published

on

AA ketika menjalani pemeriksaan tim reserse Kriminal Polres Serang Kota setelah ketahuan bawa kabur motor hasil COD. (Istimewa).

Serang- AA (28) Pria Asal Jakarta harus mendekam dibalik jeruji besi setelah terlibat tindak pidana penipuan di wilayah Kota Serang, Senin 3 Juni 2019. AA diketahui menipu salah satu masyarakat dengan modus membeli motor metode transaksi Cash On Delivery atau COD.

AA ditangkap tim Reserse Kriminal Polres Serang Kota saat hendak menjual sepeda motor hasil menipu di wilayah Petir Kabupaten Serang, Banten.

“Yang bersangkutan kita amankan kurang dari 24 jam di wilayah petir berdasarkan laporan korban,” Kata Kasat Reskrim Polres Serang Kota AKP Ivan Adhitira, Selasa 4 Juni 2019.

Menurut AKP Ivan, Modus yang dilakukan oleh pelaku terbilang baru. Awalnya pelaku mencari penjual sepeda motor melalui jejaring media sosial faceebok.

“Saat bertemu, pelaku meyakini korban dengan mengeluarkan amplop coklat dan mengatakan telah membawa uang 13 juta untuk melakukan pembayaran, setelah korban percaya pelaku meminta BPKP, STNK dan kunci motor untuk melakukan pengecekan kendaraan,”ungkapnya.

Pelaku yang telah mengantongi surat kendaraan meminta izin kepada korban untuk melakukan test drive kendaraan. Selanjutnya Korban yang terpedaya memberikan kunci sepeda motor kepada pelaku.

“Setelah melakukan test drive pelaku tidak kembali lagi, korban langsung melihat isi amplop coklat tersebut dan ternyata isinya hanya kertas follio yang digulung oleh pelaku,” terangnya.

Dari hasil keterangan, pelaku telah melakukan modus yang sama sebanyak tiga kali di tempat yang berbeda dengan alasan untuk membayar hutang dan membiayai pernikahannya yang direncanakan akan dilangsungkan setelah Lebaran.

“Kita jerat dengan pasa 378 tentang penipuan dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara,”tutupnya. 

Editor: Fariz Abdullah

Trending