Connect with us

METROPOLITAN

Disnakertrans Catat 1.502 Pengangguran di Lebak Telah Bekerja

Published

on

Maman Suparman Kepala Disnakertrans Kabupaten Lebak. (Istimewa).

Lebak- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans Kabupaten Lebak mencatat 1.502 pengangguran di Kabupaten telah mendapatkan pekerjaan di tahun 2019. Data tersebut tercatat sejak Januari hingga Maret 2019.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Lebak Maman Suparman menjelaskan jumlah tersebut belum termasuk dengan pencari kerja hasil MoU antara Disnakertrans Lebak dengan PT. PWI yang siap menampung 600 orang, PT.DINAMIKA VANASIA, JELLY serta INDO MARCO. Tiga program yang berkaitan dengan penempatan kerja mulai dari, AKAN (Antar Kerja Antar Negara) dan AKAD (Antar Kerja Antar Daerah) sedangkan AKAL (Antar Kerja Antar Lokal).

“Di bulan Juni ini saja terdapat 5 perusahaan yang siap menampung para Pencaker tersebut. Kelima perusahaan tersebut terdiri dari 2 perusahaan di Kabupaten Lebak dan 3 perusahaan di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur,”kata Maman kepada BantenHits, Kamis, 13 Juni 2019.

BACA :  Dua Pejabat Eselon II Dimutasi, Pemkab Lebak Lelang Tiga Jabatan Kepala SKPD

Belum lagi, sambung Maman pasca libur lebaran 2019 biasanya beberapa industri baik di dalam ataupun di luar Kabupaten Lebak membuka lowongan pekerjaan baru sehingga mengakibatkan membludaknya pemohom kartu AK 1.

Maman mengklaim terjadi lonjakan besar-besaran pada pelayanan usai libur Lebaran dan cuti bersama, bahkan angka lonjakan ini terbilang tinggi. Jumlah para pencari kerja yang datang kenaikannya mencapai sekitar 300 persen pada hari ini dibandingkan hari biasanya.

“Dihari pertama saja terdapat 302 Pencaker yang datang, ditambah di hari kedua dengan 224 Pencaker. Lonjakan ini bisa dibilang cukup tinggi jika dibandingkan dengan hari-hari biasa yang hanya mencapai 15 hingga 20 orang saja,”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

BACA :  4 Remaja Asal Serang Terseret Ombak Pantai Anyer, 2 Masih Dicari



Terpopuler