Connect with us

METROPOLITAN

Dinilai Tak Sehat, 75 Koperasi di Lebak Bakal Dibubarkan  

Published

on

Kepala Dinkop Lebak Babay Imroni dalam sebuah acara. (Chanelbanten.com).

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Koperasi dan UKM menargetkan bakal membubarkan 75 Koperasi yang dinilai sudah tak sehat atau tidak lagi aktif dalam segi administrasi. 

Kepala Dinas Koperasi Kabupateb Lebak Babay Imroni mengatakan saat ini proses pembubaran masih dalam tahap verifikasi, dimana dari 75 koperasi yang ditargetkan baru sekitar 80 persen yang sudah di verifikasi.

“Tinggal 15 lagi kita belum verifikasi,”kata Babay kepada awak media di ruang kerjanya, Jumat, 14 Juni 2019.

Babay mengungkapkan sebenarnya terdapat hampir 200 dari 839 Koperasi yang dinilai sudah lagi tidak sehat. Namun pada tahun 2019 ini dtargetkan hanya 75 yang akan di bubarkan.

BACA :  Sehari, Dua Jamaah Haji Asal Lebak Wafat di Tanah Suci Mekah

“Kita juga berharap dari 75 itu tidak semuanya mesti dibubarkan. Kami tetap berharap mereka mau memperbaiki diri, memperbaiki semuanya sehingga bisa kembali aktif,”ungkapnya.

Kata Babay,  dari 75 Koperasi yang akan dibubarkan ini memang mayoritas berkutat dalam persoalan administrasi. Jelasnya, sambung Babay, mereka aktif dalam kegiatan namun dalam segi administrasinya kurang dilengkapi.

“Jadi kebanyakan mereka aktif melakukan kegiatan, tapi tidak ada laporan ke anggota, apalagi ke kita sebagai pembina Dinas Koperasi. Tapi ada juga yang alih fungsi misal awalnya simpan pinjam tapi makin kesini koperasinya beralih fungsi,”jelasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler