Jelang Sidang di MK, Kapolda Banten Singgung Ujian Sinergi TNI-Polri dan Pemda

Date:

Kapolda Banten Irjen Pol. Tomsi Tohir pimpin apel konsolidasi menjelang sidang perselisihan hasil pemilihan umum di MK. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) akan digelar di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat, 14 Juni 2019 mulai pukul 09.00 WIB.

Sehari sebelum sidang digelar atau Kamis,13 Juni 2019, Polda Banten menggelar apel konsolidasi operasi ketupat kalimaya 2019 dan apel pengamanan sidang PHPU 2019 di lapangan Apel Polda Banten.

Apel Konsolidasi ini diikuti oleh ratusan personel dari Polri, TNI, Pemda Provinsi Banten, serta jajatan Forkopimda. Kapolda Banten Irjen Pol. Tomsi Tohir memimpin apel didampingi Danrem 064/Maulana Yusuf Kolonel Infanteri Windiyanto.

Dalam sambutannya, Tomsi menyampaikan, berbagai keberhasilan Polda Banten menciptakan keamanan, sangat ditentukan oleh tingginya dedikasi personel dan kuatnya sinergi seluruh pemangku kepentingan, baik Polri,  TNI, pemerintah daerah,  instansi terkait maupun mitra kamtibmas lainnya.

“Adapun dedikasi dan sinergi tersebut akan kembali diuji oleh agenda kamtibmas lainnya,  yang syarat akan tantangan,  yakni pengamanan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU)  di Mahkamah Konstitusi,” katanya.

BACA JUGA: Update Terbaru; Dua Warga Banten Tewas Tertembak saat Aksi 22 Mei

Terkait agenda sidang di MK tersebut, lanjutnya, Provinsi Banten sebagai daerah penyangga ibu kota negara, memiliki potensi kerawanan kamtibmas yang cukup tinggi,  di antaranya mobilisasi massa, aksi provokasi,  hingga konflik sosial.

“Oleh karena itu Polda Banten mengadakan apel konsolidasi sebagai momentum untuk mempersiapkan diri dan kesatuan serta mempersatukan sumber daya yang dimiliki Polda Banten untuk menjamin agar sidang PHPU dapat berjalan dengan aman,” ucap Tomsi. 

Mantan Kapolda Lampung ini juga mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan untuk membimbing masyarakat agar menghormati langkah konstitusional dalam menyelesaikan sengketa pemilu, menghindari aksi massa, serta senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

Sebelum mengakhiri amanatnya, Tomsi mengucapakan terimakasih dan menyampaikan penghargaan yang setingi-tingginya atas dedikasi para pelaksanaan Operasi Ketupat Kalimaya 2019 dan atas sinergi seluruh pihak,  sehingga pengamanan Idul Fitri 1440 Hijriah di wilayah hukum Polda Banten dapat berjalan dengan sukses dan aman. 

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...