Connect with us

Advertorial

Festival Peh Cun Ajang Promosi Budaya dan Potensi Kota Tangerang  

Published

on

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin dan Ketua Panitia Festival Peh Cun ketika mengikuti lomba uleg sambal. (Istimewa).

Tangerang- Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin resmi membuka Festival Peh Cun di Bantaran Sungai Cisadane, Sabtu, 15 Juni 2019. Acara rutin tahunan ini menjadi salah satu cara  masyarakat dan Pemkot Tangerang untuk mempromosikan budaya dan potensi kota Akhlakul Karimah.

Sachrudin menuturkan, Festival Peh Cun sendiri saat ini sudah menjadi trademark bagi kota Tangerang untuk menarik perhatian wisatawan lokal maupun nasional. Dimana setiap tahunnya selalu menampilkan keanekaragaman potensi yang ada di Kota Tangerang.

“Potret budaya dan potensi di Kota Tangerang, diantaranya ada di Festival Pehcun ini,”kata Sachrudin.

Sementara Ketua Panitia Festival Peh Cun, Edy Kurniawan menjelaskan pada tahun 2019 ini festival yang rutin dilaksanakan warga etnis Tionghoa Boen Tek Bio Kota Tangerang ini mengangkat tema Kejujuran dan Kesetiaan yang Tak Lekang oleh Waktu.

Dimana salah satu rangkaian acaranya yaitu Festival Cabai. Berbagai Cabai ditampilkan, mulai dari Cabai yang kecil hingga besar, Cabai lokal hingga internasional.

Menariknya, Cabai tersebut kemudian dijadikan salah satu perlombaan, yaitu lomba Uleg Sambal.

“Cabai memberikan simbol kejujuran lewat rasa. Ketika memakan cabai maka pedaslah yang dirasakan, tidak ada manis atau rasa lainnya,”tutur Edy.

Selain itu, sambung Edi pada perayaan Peh Cun ini juga dilaksanakan perlombaan perahu naga yang bekerjasama dengan Pemrintah kota Tangerang dan elemen masyarakat kota Tangerang.

“Untuk perlombaan perahu naga ini ada dua kategori yaitu perahu naga dan perahu mampak. Dari dua ketogiri itu di ikuti 14 peserta dari TNI, Polri, organisasi dan elemen masyarakat Kota Tangerang,”jelasnya.

Perlombaan perahu naga ini, sambung Edi sudah dilakukan sejak tahun 1900-an di kota Tangerang.

“Setelah jaman reformasi, perlombaan ini kita bangkitkan kembali untuk menarik wisata Kota Tangerang,”imbuhnya.

Untuk diketahui, agar lebih memeriahkan Festival Peh Cun berbagai rangkaian juga diselenggarakan panitia mulai dari lomba perahu, membaca puisi, kuliner khas Tionghoa serta masih banyak lainnya.

Turut hadir juga Andy F. Noya atau yang biasa dikenal Kick Andy serta Bens Leo salah satu pengamat musik, pada pergelaran Festival Peh Cun tahun 2019, yang digelar 15-16 Juni 2019. (ADVERTORIAL)

Trending