Connect with us

METROPOLITAN

PPDB Online Gagal Terlaksana di Pandeglang, Pemkab: Masyarakatnya Belum Siap

Published

on

Kepala Dindikbud Pandeglang Olis Solihin. (Dok.BantenHits).

Pandeglang – Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pandeglang belum terintegrasi secara online. Padahal, Pemerintah Kabupaten Pandeglang pada 2016 lalu menggaungkan smart city agar lebih transparan dan cepat dalam kegiatan administrasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pandeglang, Olis Sholihin mengatakan belum terintegritasnya PPDB secara online, lantaran belum siapnya perangkat di seluruh SMP yang ada di Pandeglang. Olis juga menyebut, masyarakat Pandeglang belum siap menggunakan sistem PPDB online.

“Kaitan dengan kesiapan perangkat, itu kan masyarakat kita juga belum siap mendaftarkan secara online, oleh karenanya kita juga melihat bahwa perangkat juga belum siap, rencananya kita juga kan mau bikin semuanya menggunakan aplikasi dan teknologi,” katanya, Minggu, 16 Juni 2019.

Kendati demikian, Olis mengharapkan agar sistem penerimaan siswa tahun ajaran baru diberlakukan secara online ke depannya. Dindikbud juga akan meminta bantuan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Mungkin ke depan baru bisa dilakukan PPDB secara online. Kita coba minta bantuan ke Kemendikbud,” ujarnya.

Sementara lanjut Olis, saat ini Dindikbud masih terfokus pada pelaksanaan sistem zonasi untuk sekolah pada PPDB.

“Kita masih terfokus pada sistem zonasi, ke depan dilaksanakan nanti, kita ingin menghilangkan stigma sekolah paforit, karena semuanya kan paforit, itu keinginan dari bapak menteri,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending