Connect with us

METROPOLITAN

Bupati Serang Gratiskan Biaya Pengobatan Korban Keracunan Ikan Pindang di Mancak

Published

on

Warga Mancak yang menjadi korban keracunan ketika mendapatkan penanganan medis di Posko darurat. Mereka mengeluh mulas, mual dan diare usai menyantap ikan pindang dari seorang penjual keliling.

Serang – Warga dari dua kampung, yakni Kampung Pasir Gadung dan Cimebel, Desa Sangiang, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, menjadi korban keracunan diduga akibat ikan pindang.

Hingga Kamis, 20 Juni 2019, sudah 75 orang korban dilarikan ke Posko Kesehatan di lokasi kejadian. Enam orang di antaranya terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Drajat Prawiranegara (RSDP) Kabupaten Serang.

Merespons kejadian tersebut, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan, seluruh pelayanan kesehatan bagi korban keracunan diberikan secara gratis atau tidak dipungut biaya apapun. 

Tatu mengapresiasi kinerja dinas kesehatan dan Puskesmas Mancak yang sigap menghadapi kasus tersebut dengan langsung membuat posko pelayanan kesehatan di Desa Sangiang.

“Segala pelayanan kesehatan bagi korban tidak dipungut biaya atau gratis. Mulai dari posko, puskesmas, dan sampai dirujuk ke rumah sakit,” kata Tatu dalam keterangan tertulis diterima BantenHits.com, Kamis 20 Juni 2019.

Tatu yakin dinkes akan maksimal menangani kasus ini sampai seluruh korban benar-benar dinyatakan sehat.

“Saya mendapat laporan, sebagian korban sudah sehat. Sementara yang dirawat di rumah sakit ada lima warga dan sudah dalam tahap pemulihan,” jelasnya. 

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending