Connect with us

Berita Pemda

Sisumaker Diklaim Minimalisir Penggunaan Kertas di Pemkab Serang

Published

on

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah ketika memberikan keterangan pers usai menghadiri acara sosialisasi Sisumaker. (Nurmansyah/ BantenHits).

Serang- Pemerintah Kabupaten Serang mulai mensosialisasikan Sistem Informasi Surat Masuk dan Surat Keluar atau Sisumaker di Aula Tb. Suwandi, Pendopo Kabupaten Serang, Senin, 24 Juni 2019.

Aplikasi  hasil dari kerja sama antara Pemkab Serang dengan Pemkot Tangsel itu diklaim akan mempermudah Kepala Dinas atau Bupati untuk  disposisi surat masuk maupun keluar. Bahkan sistem itu juga diklaim akan meminimalisir penggunaan kertas.

“E-Office ini memudahkan surat menyurat di internal kami, kami sudah MoU dengan BSSN, jadi kita berhak menggunakan tandatangan digital ini dan yang sudah mengunakan sistem ini di Banten baru Tangsel,”kata Tatu kepada awak media usai menghadiri acara Sosialisasi dan Implementasi Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (Sisumaker).

Tatu menerangkan, salah satu kelebihan dari sistem tersebut adalah bisa mempermudah disposisi surat masuk dan surat keluar ketika Kepala OPD atau jajarannya sedang berada di luar kantor.

“Posisi saya atau Dinas kan sering di luar kantor, menjadi persoalan ketika ada disposisi surat yang harus disegerakan, dengan e-office ini kita berharap semua kendala ini bisa hilang, seperti yang telah dilakukan di Tangsel. Dengan tandatangan digital, saya bisa tandatangan disposisi di perjalanan, di mobil, di Jakarta, kalau manual kan repot,” jelasnya.

Sementara  Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Serang, Asep mengaku kegiatan Sisumaker sendiri saat ini merupakan uji coba dan pada bulan Juli mendatang ia berharap seluruh instansi sudah bisa menggunakan sistem tersebut.

“Mudah-mudahan bulan depan kita bisa semua dinas bisa, ini hanya beberapa dinas saja Bapedda, inspektorat, PU yang sekarang uji coba, nanti kedepan kita mau semua nih karena  semua sudah kita undang mudah2an bulan Juli lah, kan baru kepala OPD-nya yang kita undang Ama pak camat insya allah kepawahnya kita inikan,”paparnya.

Asep juga mengklaim dengan adanya sisumaker ini bisa meminimalisir penggunaan kertas. Selain itu, menurutnya saat ini pengarsipan sudah mulai dilakukan pada aplikasi tersebut.

“Kalau prediksi kertas cukup banyak, karena nanti kedepan kita meminimalkan kertas  karena kita bermain dengan elektronik kertas2 yang mungki biasanya kita pake 5 Rim bisa 1 Rim, tapi untuk pengarsipan sudah masuk pada aplikasi ini,” terangnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending