553 Hektar Sawah di Kecamatan Pagelaran Terancam Gagal Panen

Date:

Kekeringan melanda 553 hektar sawah di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Kekeringan melanda 553 hektar lahan pesawahan di sedikitnya sembilan desa di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang. Akibat kekeringan, lahan pesawahan tersebut terancam gagal panen.

Wartawan BantenHits.com Engkos Kosasih melaporkan, kondisi kekeringan di Desa Tegal Papak, Margagiri, dan Margasana, diperparah dengan tidak tersedianya saluran irigasi, sehingga permukaan sawah mulai retak dan batang padi mulai mengering.

Berdasarkan catatan petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan atau POPT Kecamatan Pagelaran luasan lahan yang terdampak kekeringan yakni, di Desa Tegal Papak terkena 115 hektar, Desa Margagiri 148 hektar, Desa Margasana  20 hektar. Desa-desa tersebut dinilai paling parah mengalami kekeringan.

Desa lainnya adalah Desa Bama 20 hektar, Desa Pagelaran 50 hektar, Desa Sukadame 50 hektar, Desa Kertasana 40 Hektar, Desa Bulagor 50 hektar, Desa Harapan Karya 40 hektar. Jika di total keselurahan terdapat 533 hektar sawah di Kecamatan Pagelaran terkena kekeringan.

Petani di lokasi mengaku, tidak semua tanaman padi yang terdampak kekeringan mengalami gagal panen. Ada tanaman yang bisa dipanen, namun hasilnya tidak optimal.

“Ada yang bisa dipanen, cuma hasil panennya tidak optimal. Kalau seperti ini saja (Kekeringan), ya sebagian besar pasti ada yang gagal panen,” kata petani di sekitar yang enggan disebutkan namanya, Rabu, 26 Juni 2019.

Petugas POPT Kecamatan Pagelaran, Bayi Sumarta mengatakan, kekeringan yang melanda di Kecamatan Pagelaran bisa saja meluas jika tidak ada hujan.

“Karena sawah di Kecamatan Pagelaran ini tadah hujan, memang dampaknya itu terasa sangat luar biasa. Terutama di tiga desa itu, tidak bisa diupayakan untuk kompanisasi. Artinya, diterjang kemarau sebulan saja bisa langsung terkena kekeringan,” kata Bayi.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

KASN: Aparatur Sipil Negara Haram Berselingkuh dengan Politik!

Berita Tangerang - Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN...