Connect with us

EKONOMI & BISNIS

LKP Nusantara Komitmen Cetak Wirausaha Handal Lewat Program PKW  

Published

on

Puluhan Peserta LKP Nusantara ketika foto bersama sebelum mengikuti proses pelatihan PKW. (Istimewa).

Lebak- Lembaga Kursus dan Pelatihan atau LKP Nusantara berkomitmen akan membantu pemerintah Kabupaten Lebak dalam meminimalisir angka pengangguran di daerah penyangga ibu kota ini.

Salah satunya melalui Program Pendidikan Kecakapan dan Wirausaha (PKW) yang saat ini tengah digagas.

Program besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu saat ini tengah coba direalisasikan oleh LKP yang berlokasi di desa Nameng, Kecamatan Rangkasbitung ini terhadap 30 siswa yang tengah mengemban ilmu.

“Kalau kita memberikan pelatihan desain grafis, kita latih mereka untuk menjadi wirausaha yang handal, salah satunya usaha sablon,”kata Ketua LKP Nusantara Dana Hardiansyah kepada awak media, Kamis, 27 Juni 2019.

Dana menjelaskan setiap siswa LKP Nusantara berhak mengikuti pelatihan selama 150 jam sebelum diberikan atau dibekali rintisan usaha dan terjun ke lapangan.

“Maksimalnya mereka mengikuti pelatihan 150 jam, ketika sudah selesai kita bekali rintisan usaha kepada mereka,”jelasnya.

Namun, sambung Dana, rintisan usaha itu diberikan dengan cara di bagi ke dalam tiga kelompok. Masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang.

“Nah rintisan usaha ini diberikan kepada 3 kelompok, ada 30 orang. Jadi masing-masing 10 orang. Rintisan usaha yang kita berikan juga berupa barang bukan uang,”tandasnya.

“Kita juga tetap akan dampingi terlebih dahulu sebelum mereka secara mandiri merintis usaha,”sambungnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending