Resmikan Kampung Literasi TBM Kuli Maca, Pemkab Ajarkan Anak ‘Bersahabat’ dengan Buku

Date:

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak Asep Komar Hidayat (Tengah Bediri) ketika foto bersama dengan para pegiat literasi usai meresmikan Kampung Literasi TBM Kuli Maca. (Istimewa).

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak meresmikan Kampung Literasi Taman Bacaan Masyarakat atau TBM Kuli Maca di Desa Warungbanten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Sabtu, 29 Juni 2019.

Peresmian yang dilakanakan di rumah adat Kaolotan Cibadak itu langsung dihadiri tim dari Dirjen Paud Dan Dikmas Kemendikbud RI serta berbagai penggiat literasi dari provinsi Banten dan 24 penggiat literasi dari 24 provinsi yang tengah mengikuti program residensi pegiat literasi se Indonesia di Kabupaten Lebak.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, Asep Komar Hidayat mengatakan peresmian kampung literasi ini salah satu bentuk kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca. Juga cara pemerintah daerah mengajarkan anak untuk bersahabat dengan buku sejak usia dini.

Terlebih, sambung Asep, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya telah memberikan instruksi tentang Penyediaan Fasilitas Perpustakaan dan Sudut Baca pada Kantor Perangkat Daerah, Ruang-ruang Publik dan Lembaga-lembaga Pelayanan Masyarakat.

“Saya berharap kedepan dapat melihat anak-anak masyarakat kampung literasi ini sudah tidak lagi disibukan dengan gadget, tetapi mereka sibuk dengan membaca buku,”kata Asep dalam siaran pers yang diterima BantenHits, Minggu, 30 Juni 2019.

Menurutnya,  penerapan intruksi bupati merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan minat baca melalui Gerakan Lebak Cerdas dengan Membaca (GLCM) sebagai implementasi dari Program Lebak Cerdas.

“Melalui gemar membaca, diharapkan generasi muda anak-anak kita kedepan lebih baik dari generasi sebelumnya,”imbuhnya.

Sementara Dr. Untung, Kasi Budaya Baca Subdirektorat Keaksaraan Dan Budaya Baca Direktorat Bindiktara Dirjen Paud Dan Dikmas Kemendikbud RI berharap dengan peresmian kampung literasi di kampung Cibadak Warungbanten  ini mampu menghidupkan 6 literasi dasar.

“Kampung literasi ini akan menjadi cikal bakal majunya literasi, majunya masyarakat cibadak dan majunya Kabupaten Lebak,”harapnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...