Connect with us

METROPOLITAN

Nelayan Cilegon Sepakat Tolak Proyek Pematangan Lahan PT Lotte Chemical Indonesia

Published

on

Sejumlah elemen masyarakat Cilegon yang menolak penambangan pasir laut untuk proyek PT Lotte Chemical melakukan diskusi di Sekterariat Persatuan Masyarakat Asli Gusuran (PMAG). (BantenHits.com/Iyus Lesmana).

Cilegon- Sejumlah elemen masyarakat baik tokoh, pengusaha lokal hingga nelayan di Kota Cilegon sepakat menolak dengan tegas adanya rencana proyek pematangan lahan PT Lotte Chemical Indonesia. Pasalnya proyek tersebut di indikasi akan menggunakan pasir laut hasil penambangan di Perairan Selat Sunda.

“Ada inidikasi proyek pematangan lahan di PT Lotte ini dengan menggunakan pasir laut. Maka dengan itu, kami dari berbagai elemen masyarakat tegas menolak,”kata tokoh masyarakat Grogol, Rebudin, kepada awak media di Sekertariat Persatuan Masyarakat Asli Gusuran (PMAG) di Kecamatan citangkil Kota Cilegon, Selasa, 2 Juli 2019.

Mantan anggota DPRD Kota Cilegon itu mengaku penolakan penambangan pasir laut itu bukan tanpa alasan. Mengingat dengan melakukan penambangan di laut berakibat rusaknya ekosistem dan biota laut.

“Intinya kami dari elemen masyarakat Cilegon menolak dan mendesak  PT Lotte agar timbunannya tidak menggunakan pasir laut, jangan lakukan itu,”tegasnya.

Bahkan, Rebudin menilai bukan hanya dapat merusak ekosistem laut, aktivitas pengerukan pasir laut bisa lebih berbahaya jika di lakukan di sekitar Pulau Sangiang dan Anak Gunung Krakatau.

“Zona yang terindikasi yang akan dikeruk itu di sekitar Pulau Sangiang dan Anak Gunung Krakatau. Apalagi yang dikeruk itu mencapai jutaan kubik,”imbuhnya.

Hingga berita ini di publish managemen PT Lotte Chemical Indonesia belum dapat dikonfirmasi terkait adanya penolakan penambangan pasir dari elemen masyarakat Cilegon tersebut.

Editor: Fariz Abdullah

Trending