IPDMIP Kementan Optimal Tingkatkan Hasil Panen di Cimanuk Pandeglang

Date:

Bupati Pandeglang Irna Narulita ngaku tak peduli tak didukung Partai Gerindra pada Pilkada Pandeglang 2020. Irna menegaskan dirinya pro Jokowi. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang menerima program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program atau IPDMIP dari Kementrian Pertanian (Kementan).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian beririgasi yang berkelanjutan di beberapa daerah irigasi yang ada di Kabupaten Pandeglang. Rencanaya, program yang baru pertama kali turun di Kabupaten Pandeglang ini akan berlangsung sampai 2023.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, di Kabupaten Pandeglang ada sekitar 30 persen irigasi mengalami kerusakan. Sehingga, dengan adanya program IPDMIP ini diharapkan dapat membantu kesulitan para petani.

“Ada peningkatan hasil panen di daerah irigasi seperti disini (Cimanuk). Biasanya panen raya satu hektar 6 ton sekarang bisa 8 ton, karena tadi ada program IPDMIP yang  memperbaiki sistem pengelolaan irigasi,” kata Irna usai panen raya di Kampung Kamelang, Desa Gunung Cupu, Kecamatan Cimanuk, Selasa, 2 Juli 2019.

Sementara Direktur MPIU IPDMIP, Didi mengatakan misi dari program tersebut untuk meningkatkan produktivitas para petani, memperbaiki akses masyatakat dan mendapat permodalan usaha.

“Misi kita bagaimana menciptakan kedaulatan pangan, itu yang paling penting. Tidak hanya itu, kita juga ingin bagaimana petani bisa akses ke lembaga permodalan,”tambahnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...