Connect with us

Berita Pemda

Keren! Kampung KB Desa Pangkat Jayanti Jadi Percontohan Nasional

Published

on

Para perwakilan Pemerintah Kabupaten Tangerang berfoto seusai mendapatkan Penghargaan Kampung KB Desa Pangkat Jayanti sebagai percontohan nasional. (Istimewa)

Banjarmasin – Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana bersama Tim Penggerak PKK meluncurkan Kampung KB di Desa Pangkat, Kecamatan Jayanti.

Kerja kolaboratif yang gigih tersebut akhirnya membuahkan hasil. Kampung KB dijadikan percontohan nasional, sekaligus mendapatkan penghargaan untuk percontohan itu dari pemerintah pusat.

Penghargaan Kampung KB Percontohan Tingkat Nasional tahun 2019 diberikan langsung Kepala BKKBN Dr. Hasto Wardoyo kepada Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangrang Hj. Nina Lisnawati Madromli di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat, 5 Juli 2019.

Pemberian penghargaan dilakukan bertepatan puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI yang dipusatkan di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jumlah Kampung KB seluruh Indonesia saat ini ada 8.112 Kampung KB, Desa Pangkat Kecamatan Jayanti menjadi salah satu yg terbaik dari emoat erbaik se-Indonesia, yakni Cilacap, Jawa Tengah; Malang, Jawa Timur; Badung, dan Kabupaten Tangerang, Banten.

“Prestasi yang diraih oleh Desa Pangkat ini tidak terlepas dari dukungan serta sinergitas antara TP PKK Desa pangkat, Pemkab Tangerang, serta masyarakat kami,” ungkap Nina Lisnawati yang juga Istri Wakil Bupati Tangerang Mad Romli dalam keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com, Jumat malam, 5 Juli 2019.

Nina berharap, pembinaan di Kampung KB Desa Pangkat bisa dilakukan menyeluruh, sehingga tidak hanya sebatas seremonial semata. Yang lebih penting, pembinaan kampung KB seacara menyeluruh merubah perilaku masyarakat ke arah lebih baik lagi, sehingga membentuk kualitas keluarga yang unggul dan harmonis.

“Kampung KB yang kita bina harus menjadi manfaat besar untuk masyarakat, terlebih prestasi yang diraih sebagai pemicu kemajuan masyarakat secara utuh menghasilkan keluarga yang harmonis dan berkualitas,” ucap Nina.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Hj. Anna Ratna Maemunah menambahkan, hasil diraih merupakan kerja bersama antara pemerintah daerah, PKK, serta semua masyarakat yang terus mendukung program Kampung KB yang telah dicanangkan bersama di Kabupaten Tangerang.

“Ini semua berkat dukungan Pak Bupati Zaki Iskandar, serta semua jajaran sehingga kampung KB dapat terwujud sinergitas dengan masyarakat menjadi percontohan nasional,” terang Ana.

Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal berharap penyelenggaraan Harganas XXVI dapat menjadi momentum dan kesempatan untuk menjadi stimulus dalam mewujudkan visi dan misi BKKBN. Rangkaian kegiatan ini dapat meningkatkan komitmen dan sinergitas antara BKKBN dan mitra kerja lainnya dalam mendukung keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending