Connect with us

Berita Pemda

TMMD, Pemkab dan TNI Buka Akses Jalan di Pamarayan Serang

Published

on

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Dandim 0602 Serang saat mengkroscek kondisi jalan seusai dilakukan pelebaran melalui program TMMD. (Istimewa).

Serang- Pemerintah Kabupaten Serang bekerjasama dengan Kodim 0602/Serang membuka akses jalan di desa Kebon Cau, Kecamatan Pamarayan, Kabupaten Serang. Pembukaan jalan dilaksanakan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Dari rilis yang diterima BantenHits.com, jalan sepanjang 1,8 Kilometer yang semulanya hutan belantara itu telah dilebarkan 3 meter. Bahkan melalui TMMD ini juga TNI bersama rakyat melebarkan jalan lingkungan sepanjang 750 meter, membangun 2 unit MCK, gorong-gorong sepanjang 750 meter dan dilakukan pengerasan.

“Kami bersama Kodim melalui TMMD ini, membuka jalan yang medannya berat, jadi membuka jalan baru. Dari masyarakat sekitar juga bisa membangkitkan semangat gotong royong,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melalui keterangan pers.

Tatu mengungkapkan Jalan yang dibangun merupakan kewenangan pemerintah desa, sehingga diperlukan sinergi bersama TNI. Dalam proses membangun jalan desa, Pemkab Serang telah meminta izin Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Secara aturan, lanjutnya tidak boleh pemerintah daerah membangun yang bukan kewenangannya. BPK mencari solusi, dengan cara dihibahkan programnya.

Tatu mengungkapkan, dari sekira 1.800 kilometer jalan desa, Pemkab Serang baru bisa membantu sekitar 15 persen. Sebab masih fokus melakukan pembangunan jalan kewenangan Pemkab Serang dengan betonisasi sepanjang 601,3 kilometer.

“Kita harus tuntaskan dulu jalan kabupaten, kalau tidak, nanti BPK menegur kalau terlalu fokus kepada jalan desa,”ujarnya.

Setelah tuntas membangun jalan kabupaten yang ditargetkan selesai 2021, Pemkab Serang akan menaikkan status sepanjang 400 kilometer jalan desa, menjadi jalan kabupaten.

“Mudah-mudahan kita dapat bantuan dari DAK (pemerintah pusat) dan bantuan gubernur bisa tinggi, jadi kita bisa ngebut memperbaiki jalan,” harapnya.

Sementara Dandim 0602/Serang Letkol Inf Erwin Agung TWA mengungkapkan, jalan yang dibangun awalnya jarang dilalui warga karena sudah tertutup dan menjadi area hutan.

“Dulu jalannya ada, tetapi tertutup menjadi hutan, kini sudah kami buka. Kami laksanakan selama satu bulan,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Erwin, sudah dikoordinasikan dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Serang untuk dilakukan pembangunan tahap selanjutnya dengan minimal pengaspalan.

“Kami lakukan dengan masyarakat, pemerintah desa, TNI, dan Polri. Sesuai pesan Ibu Bupati Serang, kita harus terus menggali dan menciptakan gotong royong,”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending