Connect with us

METROPOLITAN

Bantah Pernyataan Kadisnaker, Gubernur Banten Sebut PHK PT Krakatau Steel Tambah Pengangguran

Published

on

Gubernur Banten Wahidin Halim sebut PHK PT Krakatau Steel pasti akan menambah angka pengangguran di Provinsi Banten. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Kadisnakertrans Provinsi Banten Alhamidi menilai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terjadi di PT Krakatau Steel (KS) tidak terlalu berdampak terhadap peningkatan angka penganggura  di Tanah Jawara.

Menurutnya, meski santer terdengar ribuan buruh bakal kembali di PHK di perusahaan baja terbesar se-Asia itu pada dasarnya banyak pula perusahaan lainnya di Banten yang menerima pekerja baru.

“Ya, dampaknya ada. Tapi kan ada juga yang mem-PHK ada juga yang menerima,” kata Alhamidi kepada awak media di KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu 10 Juli 2019.

BACA JUGA: PHK Massal di PT KS Tak Mempengaruhi Jumlah Pengangguran di Banten

Pernyataan Alhamidi ini ternyata dibantahkan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH). Ditemui wartawan di Mapolda Banten, WH kepada awak media justru mengaku adanya ribuan pekerja yang di-PHK dari PT KS sangatlah berdampak terhadap penambahan pengangguran di Provinsi Banten.

“Ini salah satu yang memang, ada persoalan sosial karena memang di situ belum tahu belum ada laporan resmi (PT KS) karena ini perusahaan negara. Ini persoalan negara, kewenangannya badan negara. Kita terganggu karena akan menambah pengangguran,” kata WH, Rabu 10 Juli 2019.

WH mengaku saat ini belum mempunyai strategi untuk mengurangi angka pengangguran di Provinsi Banten yang saat ini sudah masuk peringkat ke dua setelah Jawa Barat.

“Ketika industri tidak mengunakan tenaga kerja banyak yang mengunakan mesin, cangih-cangih, (pengangguran) problem nasional bukan hanya kita,” pungkasnya.

Sebelumnya, ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja di Kota Cilegon melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Teknologi PT Krakatau Steel (KS) yang berada di Komplek Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), Selasa, 2 Juli 2019.

BACA JUGA: PT Krakatau Steel Mulai Bergejolak, Ribuan Buruh Unjuk Rasa Tolak PHK Massal

Unjuk rasa ribuan buruh sebagai bentuk penolakan para buruh terhadap kebijakan restrukturisasi oleh perusahaan penghasil baja terbesar di Asia ini. Rencana restrukturisasi berimbas pada PHK massal.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending