Connect with us

METROPOLITAN

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMA/SMK di Kota Serang Libatkan BNN

Published

on

SMKN 1 Kota Serang menggelar pra Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS SMA/SMK di Kota Serang melibatkan BNN. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Peserta didik baru yang masuk sekolah tingkat SMA/ SMK di Kota Serang akan segera melakukan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), Senin 15 Juli 2019.

Namun ada yang berbeda pada MPLS 2019, dibanding tahun sebelum-sebelumnnya. Perbedaannya, pada tahun ini kakak kelas hanya sebagai pelaksana karena materi MPLS sepenuhnya disusun guru.

Selain itu, MPLS SMA/SMK di Kota Serang juga melibatkan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memberikan sosialisasi bahaya narkoba.

“Kita sebagai Panitia Osis hanya melaksanakan tugas yang diberikan oleh Panitia Guru. Makanya MPLS tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, karena kami (Kaka Kelas, Red) tidak terlalu dilibatkan,” ujar Ketua Osis, SMKN 1 Kota Serang, Muhammad Rizal seusai pra MPLS, Jumat, 12 Juli 2019.

BACA :  Gunakan Paspor Palsu, Dua WNA Ditangkap Petugas Imigrasi Bandara Soekarno Hatta

Ia mengaku, dalam MPLS 2019 dirinya sebagai ketua OSIS dan semua pengurus lainnya, hanya sebagai pelaksana lapangan, dan tak memberikan pengarahan maupun pembinaan.

Tugas panitia OSIS hanya memberikan pengenalan serta promosi organisasi hingga ekstrakurikuler (Eskul) yang ada di sekolah.

 “Bakal ada stand dari berbagai organisasi maupun eskul. Jadi kita ingin, para murid baru bisa bergembira bersekolah, dengan mengikuti berbagai eskul dan oganisasi. Sehingga sekolah tidak menjadi jenuh,” paparnya.

Sementara itu Guru Kesiswaan SMKN 1 Kota Serang Isma Susilawati menambahkan, dalam MPLS di 2019, akan diikuti oleh 720 siswa baru.

Pihak sekolah, lanjutnya, menginginkan kedisiplinan para siswa baru dengan menerapkan enam unsur kedisplinan, yaitu wawasan wiramandala, Pramuka, kesadaraan bangsa serta negara, pembinaan mental, penerapan kurikulum dan tata krama belajar efektif. 

BACA :  Dua Pengedar Sabu di Cilegon Dicokok Polisi di Hotel, Barang Bukti Dibungkus Tisu

Selain melibatkan BNN, pihak sekolah melakukan bimbingan mental yang akan dilakukan langsung para guru SMKN 1 Kota Serang.

“Kita ingin memberikan pemahaman secara langsung kepada murid-murid baru. Supaya mereka memiliki semangat dan motivasi untuk terus belajar dalam mendapatkan ilmu,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler